Selasa, 10 April 2012

PT Liga Optimistis ISL Kelar Sebelum Juli

Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12 telah memasuki putaran kedua. PT Liga Indonesia menilai perjalanan putaran pertama cukup memuaskan meski masih ada berbagai kekuarang.

"153 pertandingan sudah terlaksana dengan baik di putaran pertama. Catatannya memang ada masalah, tapi tidak ada yang terlalu besar," kata CEO PT Liga, Joko Driyono tadi malam.

"Kami prediksi kompetisi ini.akan berjalan mulus. Sebelum bulan puasa (Juli) akan selesai," lanjut Joko.

Djoko menjelaskan pihaknya.telah evaluasi terhadap dua aspek, yakni teknis dan komersial. Menurut Djoko, dari sisi teknis jumlah penonton mengalami sedikit penurunan. "Musim lalu memang menunjukkan 12 ribu sedangkan musim ini hanya 10 ribu," katanya.

"Tapi itu juga dipicu tiga klub bermain di luar kandang, jadi rata-rata masih berimbang," beber Joko. "Sriwijaya FC dan Gresik United tertinggi, dan Arema turun drastis. Data ini penting karena akan jadi referensi buat klub untuk lakukan evaluasi."

Sementara itu, pelanggara disiplin menurutnya juga relatif berkurang. Di awal musim, jumlah pelanggaran tergolong tinggi, namun angkanya terus menurun memasuki penghujung putaran I.

"Pelanggaran disiplin berkurang. Karena sampai saat ini tidak ada pertandingan yg berhenti ditengah jalan karena pelanggaran disiplin. Ini sesuatu yang patut kita syukuri," lanjut Joko.

Menanggapi desakan untuk memperbaiki kualitas pertandingan khususnya wasit, Joko menyatakan siap menjaga kredibilitas pertandingan selama putaran kedua bergulir dengan membentuk komite wasit.

"PT LI akan memproteksi kualitas dan kredibilitas sampai akhir musim. Karena tensi pertandingan akan sangat tinggi pada akhir musim, baik di posisi
perebutan juara atau yang menghindari degradasi," ujar Joko.

"Mulai pekan depan masalah perwasitan akan dipegang oleh komite wasit, beranggotakan Jimmy Napitupulu, Purwanto dan Joko Mulyono. Jadi masalah rekrutmen, penilaian, sanksi wasit itu sudah ditangan komite wasit," ungkapnya.

Seperti yang dipaparkan Joko, evaluasi putaran pertama ISL tadi dihadiri 16 klub peserta kompetisi. Dua klub lain, PSMS Medan dan Persiwa Wamena, tidak bisa hadir karena berbagai alasan.

© VIVAbola

Tidak ada komentar: