Sabtu, 07 April 2012

Naturalisasi Sergio van Dijk Tunggu Kisruh Selesai

Proses naturalisasi dua pemain keturunan Belanda, Sergio van Dijk dan Joey Suk, terancam molor. Alasannya, saat ini kondisi sepak bola Indonesia tidak dalam kondisi yang kondusif akibat dualisme kompetisi dan
federasi.

"Rencana mereka, setelah keadaan membaik di sepak bola nasional (baru menjadi warga negara Indonesia)," kata Iman Arif yang selama ini menjadi fasilitator naturalisasi dua pemain itu, Sabtu, 7 April 2012.

Iman belum bisa memprediksi kapan situasi kondusif itu akan terealisasi.
Namun ia berencana mengundang dua pemain itu untuk menyelesaikan proses
naturalisasi mereka di Indonesia, jika bulan ini kondisi sepak bola Indonesia mulai berangsur membaik.

"April ini, jika semua membaik saya akan undang untuk menjadi WNI," kata Iman Arif.

Soal kabar Sergio berminat untuk bermain di kompetisi Indonesia agar proses naturalisasinya semakin mudah, Iman membenarkannya. Namun, Iman tidak merinci identitas klub yang mengincar pemain berkepala plontos itu.

"Sergio memang dia ada minat ke Liga Indonesia. Tapi menurut saya, ia sebaiknya menunggu dualisme selesai," kata Iman Arif.

Sergio sendiri saat ini bermain untuk Adelaide United di A-League, Australia.
Ia merupakan salah satu pencetak gol Adelaide United saat mengandaskan wakil Indonesia, Persipura Jayapura, di play-off Liga Champions Asia 2011-2012.

Jika Sergio van Dijk dan Joey Suk menjadi WNI, mereka akan menjadi pemain naturalisasi keturunan Belanda keenam dan ketujuh yang dimiliki Indonesia. Saat ini, Indonesia telah memiliki lima pemain keturunan Belanda: Irfan Bachdim, Diego Michiels, Jhonny van Beukering, Ruben Wuarbanaran, dan Stefano Lilipaly. Ada pula dua pemain naturalisasi asal Nigeria, Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo; satu naturalisasi asal Uruguay, Christian Gonzales; serta satu
naturalisasi keturunan Jerman, Kim Jeffrey Kurniawan.

Tapi, dari semua pemain naturalisasi itu, hanya segelintir pemain yang baru mencicipi kostum Garuda di timnas senior: Christian Gonzales, Irfan Bachdim dan Diego Michiels. Greg dan
Igbonefo baru sekali memperkuat tim bintang Indonesia saat pertandingan tak resmi melawan LA Galaxy. Sedangkan Kim Jeffrey, Van Beukering, Ruben Wuarbanaran serta Lilipaly belum sekalipun mengenakan jersey 'Merah-Putih.

@12paz

Tidak ada komentar: