Jumat, 06 April 2012

Hendri Zainuddin : Sriwijaya Bidik Titus Bonai - Padwa

Sukses mendatangkan defender asing Asia, Michael Jamie Coyne, kini Sriwijaya berburu striker lokal berkualitas. Beberapa nama sudah masuk daftar bidik Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC). Diantaranya, duo pemain Persipura, Titus Bonay dan Imanuel Padwa.

“Informasinya, Tibo (Titus Bonay) dan Imanuel Padwal keluar dari Persipura. Untuk itu, kami akan melakukan penawaran kepada dua pemain ini untuk bergabung bersama Sriwijaya FC,” kata Direktur Teknik dan SDM, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainuddin, kemarin (4/4).
Hendri melanjutkan, perekrutan duo Persipura itu diproyeksikan untuk mengisi kekosongan Sriwijaya FC. Tibo sendiri diproyeksikan untuk mengisi pos Rachmat”Poci”Rivai yang diputus kontrak pada putaran kedua musim ini. Sedangkan,Imanuel Padwa akan mengisi posisi Syamsul Chaeruudin yang hengkang ke PSM Makassar.

“Kuota asing Asia kan sudah penuh, setelah mengambil Coyne. Jadi, untuk striker kami harus mencari pemain lokal yang benar-benar berkualitas. Sehingga, bisa semakin mempertajam lini depan Sriwijaya,” lanjutnya.

Ambisi Sriwijaya untuk mendatangkan Tibo jelas sesuai dari keinginan pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi. Ya, pelatih asal Solo itu berharap, striker yang bakal direkrut kualitasnya diatas striker lokal yang dimiliki, yakni Rizky Novriansyah. “Striker lokal harus lebih bagus dari Rizky. Sebab, tujuan kami merekrut striker untuk antisipasi bila Kayamba absen,” ungkap Kas Hartadi, Selasa (3/4) lalu.
Dilihat dari pengalaman dan kualitas, Tibo memang lebih baik dari Rizky Novriansyah. Tibo tak jarang masuk skuad inti Persipura Jayapura. Pemain asal Papua itu pernah diminati klub asal Malaysia, Selangor FC, dan klub asal Thailand, Chonburi FC. Namun, saat didekati di akhir tahun kemarin, ujung tombak Persipura itu menolak.

Tibo adalah jebolan Persipura U-21 di tahun 2008. Ia sempat bergabung dengan PKT Bontang pada 2009 dan kemudian bertahan selama semusim di Persiram pada 2010. Kemampuannya yang luar biasa membuat Persipura kembali menariknya sejak akhir 2010. Dengan kematangannya, Tibo juga menjadi andalan di Timnas SEA Games XXVI dan Pra Piala Dunia 2014.

Tibo dan Imanuel Padwa sendiri resmi hengkang dari Persipura sejak 1 April lalu. Hal itu langsung diungkapkan oleh Pelatih Persipura Jayapura Jackson. Imanuel Padwa dipastikan keluar karena faktor nonteknis, sementara penyerang andalan Persipura, Tibo, memilih bergabung bersama tim dari luar Papua. “Kita sudah lepas, Tibo dari informasinya sementara didekati klub luar Papua," kata Jacksen, Selasa 3 April 2012.

Keluarnya dua pemain tersebut, kata Tiago, tidak sampai mengganggu jadwal rutin latihan dan komposisi tim Mutiara Hitam. “Kita masih punya pemain lain. Kalau Tibo anaknya juga mau sekolah di luar," pungkasnya. (gsm)

@12paz

Tidak ada komentar: