Kamis, 03 Mei 2012

Sepakbola Modern yang Di Usung Sriwijaya FC

Apa kunci sukses Sriwijaya FC musim ini? Selain faktor manajemen yang sehat dan komunikasi yang baik, faktor strategi dan taktik di lapangan juga memberi andil besar. Pasalnya, Sriwijaya kini mulai menerapkan konsep sepakbola modern.

Ya, pola sepakbola modern kini mulai diusung semua klub sepakbola profesional, termasuk Sriwijaya. Pola yang dimaksud adalah permainan yang mengandalkan kecepatan, ball possession yang berujung dribbling menusuk kotak penalty, menekan lawan yang memainkan bola dengan keras dan variasi umpan terobosan silang.

“Saat ini kita coba memainkan sepakbola modern. Permainan kombinasi dengan bola sayap yang diakhiri umpan langsung mulai kami terapkan, agar pola serangan tidak bisa dibaca lawan,” kata Asisten Pelatih SFC, Keith Kayamba Gumbs, Rabu (2/5).

Meski sukses memimpin klasemen Indonesia Super League (ISL) musim ini, permainan Ponaryo Astaman dan kawan belum bisa dibilang sempurna. Masih banyak pembenahan yang mesti dilakukan agar konsep sepakbola modern bisa dipahami seluruh pemain.

“Tidak ada yang sempurna, masih banyak kekurangan yang mesti dibenahi. Dimana letak kelemahan biar tim kepelatihan yang tahu,” cetus pemain kelahiran Stt Kitts & Nevis itu.

Striker yang kini mengemas 16 gol itu mengaku, kondisi pemain dalam keadaan baik. Punggawa Laskar Wong Kito juga begitu bersemangat menghadapi laga kontra PSAP Sigli, Minggu (6/5).

Disinggung soal konsistensi dan beban mental sebagai pemuncak klasemen tidak dialami pemain SFC. Fokus pemain saat ini adalah memenangkan semua pertandingan sisa.
“Tidak ada beban sama sekali dan pemain juga tidak memikirkan rekor tidak pernah kalah dalam 11 pertandingan terakhir. Kita hanya fokus di setiap pertandingan,” pungkas Kayamba. / fer

@BP

Tidak ada komentar: