Sabtu, 05 Mei 2012

PSSI belum siapkan sanksi bagi pemain ISL

PSSI belum menyiapkan sanksi bagi pemain Indonesia Super League (ISL) yang mangkir pada pemusatan latihan timnas untuk Al Nakba International Tournament di Palestina, 13-23 Mei
mendatang.

Penanggung jawab timnas Bernhard Limbong di Jakarta, Jumat mengatakan, saat ini pihaknya terus mengkaji kenapa pemain yang selama ini menjadi tulang punggung timnas belum bergabung pada pemusatan latihan di Jakarta.

"Pemain ISL sudah diakui oleh PSSI. Seharusnya mereka menghadiri panggilan timnas. Yang dibela adalah bangsa dan negara. Makanya kami akan mencek ulang," katanya di Kantor PSSI Senayan Jakarta.

Menurut dia, timnas adalah kumpulan pemain-pemain terbaik di Indonesia. Jadi sudah tidak ada lagi dikotomi apa itu pemain Indonesia Super League (ISL) maupun Indonesia Premier League (IPL). Semua pemain terbaik berhak membela timnas.

Sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh PSSI, sedikitnya ada 12 pemain ISL yang dipanggil untuk memperkuat timnas senior yang saat ini ditangani oleh Nil Maizar itu. Hanya saja, hingga saat ini belum ada satupun yang bergabung.

"Saat ini kan masih dalam proses bersatu untuk bangkit. PSSI terus berupaya agar pemain-pemain ISL bisa segera bergabung dengan pemain lainnya," katanya.

Kondisi ini berbeda dengan era sebelumnya. Pemain yang mangkir langsung mendapatkan sanksi tegas.
Salah satu pemain yang mendapatkan sanksi adalah Irfan Bachdim dengan
mendapatkan larangan memperkuat timnas selama satu tahun meski akhirnya berubah menjadi hukuman percobaan selama tiga bulan.

Meski hingga saat ini belum bergabung, pemain-pemain ISL tetap ditunggu kehadirannya. Hal itu dikatakan oleh manajer timnas senior Ramadhan Pohan setelah melaporkan hasil uji coba timnas melawan PPSM Magelang.

"Timnas memang menang 8-0, tapi ini bukan masalah hasil yang dikedepankan, melainkan proses terciptanya gol. Tapi kami tetap berharap pemain ISL bisa gabung," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya untuk mendatangkan pemain ISL. Pihaknya juga berharap klub dimana pemain bernaung bisa legowo dengan memberikan kesempatan pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.
Pemain yang saat ini menjalani pemusatan latihan semuanya berasal dari kompetisi IPL. Bahkan
mayoritas pemain yang ada adalah muka baru dan belum banyak memiliki jam terbang pertandingan internasional.

@antaranews

Tidak ada komentar: