Kamis, 03 Mei 2012

Gantikan Hilton Lawan PSAP. Kas Harapkan Siswanto Jaga Ritme

Siswanto bisa lebih berbahaya jika mampu mengatur ritme permainan, utamanya dalam melakukan serangan dan men- delay bola.

Kehilangan Hilton Moreira saat menghadapi PSAP Sigli, Minggu (6/5) nanti, jelas kerugian besar bagi Sriwijaya FC. Pasalnya, Hilton termasuk pemain andalan yang kerap memberikan poin penuh bagi Laskar Sriwijaya.

Ya, pemain asal Brasil itu 1607 menit atau sebanyak 20 pertandingan dengan lesatan 14 gol. Sementara saat masih bermain untuk Persib Bandung musim lalu, Hilton hanya bermain selama 1030 menit dengan sumbangan 3 gol.

Statistik ini menunjukkan jika Hilton adalah pendobrak dan motor serangan Sriwijaya. Dengan absennya Hilton, maka tumpuan serangan SFC kini bertumpu pada Siswanto. Sayangnya, performa pemain kelahiran Pasuruan, 9 Oktober 1984 itu, belum sesuai harapan.

“Siswanto adalah pilihan pertama untuk menggantikan posisi Hilton. Saya percaya dengan Siswanto, namun ada beberapa hal yang harus dibenahinya,” nilai pelatih SFC Kas Hartadi, Rabu (2/5).

Menurut Kas, Siswanto adalah pemain sayap ideal yang dan mampu merusak konsentrasi lawan. Meski begitu, mantan pemain Persema Malang itu belum bisa menjaga ritme permainan. Makanya, dia lebih memilih M Ridwan
sebagai pilihan utama.

“Siswanto pemain cepat dan kerap mengecoh lawan. Makanya dia sering saya mainkan di babak kedua atau maksimal 30 menit, dengan tujuan menguras fisik lawan. Tapi, kali ini dia akan mendapatkan kepercayaan sejak menit pertama. Saya harap dia bisa menjaga ritme permainan agar fisiknya tidak terkuras sebelum pertandingan selesai,” jelasnya.

Musim ini, Siswanto sudah bermain selama 626 menit atau setara dengan 17 pertandingan. Namun, pemain berusia 27 tahun itu lebih banyak bermain dari bangku cadangan. Meski begitu, dia mampu menyumbang tiga gol.

Rinciannya saat mengalahkan Pelita Jaya 1-3 (3/2), menang 5-1 atas Persiba Balikpapan (15/1), dan menghajar Persidafon Dafonsor 5-0 (4/2) lalu.

“Intinya, Sis harus bisa menjaga ritme permainan dan jangan asal melakukan serangan. Dengan begitu fisiknya tidak akan terkuras percuma,” pungkasnya.

Siswanto sendiri mengaku siap menjadi starter lawan PSAP. Jika mendapat kepercayaan dia berjanji akan memberikan performa terbaik demi kemenangan SFC.

“Kondisi saya baik dan siap diturunkan. Kini, semuanya tergantung pelatih dan kebutuhan tim di lapangan,” tandas pemain yang mengawali karir di Persekabpas Pasuruan itu. /fer

@BP

Tidak ada komentar: