Minggu, 06 Mei 2012

Kayamba Gumbs: Bermain Apik Dan Menang

Keith Kayamba Gumbs termasuk rajanya gol pada ajang liga bergengsi ISL pada musim tahun ini. Saat ini koleksi gol striker andalan Sriwijaya FC Keith Kayamba Gumbs sama dengan Mohd Safee Bin Mohd Sali dari Pelita Jaya sebanyak 16 gol.

Akan tetapi, meski gol sama pemain yang juga menjabat Asisten Pelatih SFC ini mengaku akan lebih memprioritaskan tim dan kemenangan saat menjamu PSAP Minggu (6/5) mendatang. Gumbs memang dikenal sangat mengutamakan kesolidan tim demi memenuhi target menang. Justru Gumbs tidak begitu memperdulikan bahwa gol harus dirinya. Justru gol-gol itu tercipta, karena anggota tim siapan pun punya kesempatan bikin gol.

“Jangan tanya sama saya tentang target mencetak gol atau bersaing dengan Safee Sali dan pemain lainnya, sebab saya utamakan SFC supaya bermain bagus dan menang,” kata striker tersubur di Sriwijaya FC Keith Kayamba Gumbs saat diwawancarai melalui Short Message Service (SMS), Jumat (4/5).

Menurut pemain yang juga tergabung dalam Tim Nasional Saint Kitts dan Nevis, sebelum kompetisi, publik tidak mempercayai kemampuannya karena faktor usia, dan dianggap tidak bisa berbuat banyak lagi bagi tim.

“Tapi sekarang semuanya.kaget, karena saya jadi salah satu pemain calon pencetak gol terbanyak,” ujarnya.
Striker andalan Laskar Wong Kito ini juga meminta kepada semua pendukung termasuk media massa untuk dapat mendukung Sriwijaya FC dan pemainnya.
“Bila kita bermain jelek, sebaiknya jangan terlalu di besar-besarkan,” ungkapnya.

Diungkapkannya, dalam sepakbola seorang pemain khususnya dirinya, bukanlah tipikal pemain yang suka berbicara banyak.
“Karena sepakbola itu bukan untuk apa bisa keluar dari mulut pemain, tapi apa yang bisa dilakukan di dalam lapangan hijau saja, jadi saya suka berbicara dengan kaki,” tutupnya.

Gumbs di SFC menjelma menjadi motivator, di usianya 40 tahun Gumbs malah menjelma menjadi bomber yang paling berbahaya. Super Gumbs, demikian suporter menjulukinya kini.
Memang harus diakui, Kayamba sosok panutan bagi pemain asing di dalam dan luar lapangan. Dia contoh pemain yang tetap bugar di usianya yang terbilang senior, lebih istimewa lagi karena di posisi striker.
Pribadinya di luar lapanganpun patut menjadi contoh.

“Gumbs memang pemain dengan pisik yang sangat baik, tidak ada yang meragukan kemampuannya, bahkan kini ia mampu bersaing di daftar top skor,” tambah Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi. / zal

@BP

Tidak ada komentar: