Sabtu, 12 Mei 2012

Persidafon vs Sriwijaya FC, Final Awal Gumbs dkk


Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi menganggap, pertandingan lawan Persidafon pada lanjutan ISL, di Stadion Mandala Jayapura, Senin (14/5) nanti, merupakan final awal bagi Laskar Wong Kito.

Alasannya, SFC hanya berselisih tiga poin dari Persipura Jayapura, dan menyisakan 12 pertandingan. Kondisi ini, membuat posisi Sriwijaya FC belum aman. Gumbs dkk bisa saja terjungkal dari klasemen ISL, jika tidak mampu melewati empat laga lawan tim Papua.

“Paling dekat adalah mencuri poin dari tuan rumah Persidafon Dafonsoro. Kami harus mampu melewati Persidafon, kemudian Persiram dan kembali ke Palembang untuk menghadapi Persiwa dan Persipu-ra,” jelas Kas, Jumat (11/5).

Persoalan lain harus dihadapi SFC dalam lawatan ke Persidafon, seiring dengan cederanya Firman Utina. Hamstring mantan kapten Timnas ini kambuh dan membutuhkan waktu paling lama satu pekan untuk pulih seperti biasa.

“Hari ini kami berangkat membawa 21 pemain, termasuk Firman tetap saya bawa. Sejauh ini, kondisinya makin baik, hanya sedikit mengalami hamstring. Semoga dia bisa sembuh lebih cepat dan bisa tampil lawan Persidafon,” jelas Kas.

Kembali ke persoalan laga Persidafon, Kas benar-benar berhitung dari sisi perolehan poin. SFC kini berada di puncak klasemen dengan torehan 51 poin dari 22 pertandingan. Berselisih 3 poin dari Persipura yang mengantongi 48 poin dari 23 laga.

Jika SFC harus melawat ke Papua melawan Persidafon dan Persiram pada 14 dan 16 Mei. Makanya, Persipura bermain di kandang mereka lawan Persija dan PSPS Pekanbaru, pada 13 dan 17 Mei, baru kemudian pulang ke Palembang dan bertemu lagi dengan Persipura.

Diprediksi Persipura meraih enam poin di dua laga itu, sehingga total poin mereka 54. Sementara, jika SFC kehilangan poin atau meraih hasil seri di dua laga, maka poin maksimal hanya 53.
“Maka, Persipura itu penentuan dan itulah final yang sesungguhnya. Makanya yang harus saya lakukan adalah mengejar angka penuh di Papua, sehingga ketika menjamu Persipura, kami bisa tampil lebih rileks,” jelas Kas.

Optimis 6 Poin
Sementara itu, Direktur Teknik dan SDM PT SOM, Hendri Zainudin bertekad mengulangi kesempurnaan Sriwijaya FC saat mereka meraih sembilan poin pada tiga laga tandang pertama (Deltras, Persisam dan Mitra Kukar).

Kini ketangguhan Kayamba dkk akan kembali diuji pada saat melakoni duel panas melawan dua tim Papua, Persidafon Dafonsoro (14/5) dan Persiram Rajaampat (17/5) mendatang.

“Seluruh pemain, pelatih, bahkan suporter menginginkan kemenangan, saatnya kami mengamankan poin penting. Laga ini ibarat final bagi anak-anak, karena poin sangat menentukan,” jelas Hendri.
Hendri mengatakan, pemain bertolak dari Palembang Jumat pukul 16.00 menuju Jakarta. Anak asuh Kas Hartadi, akan menginap satu malam di Jakarta dan dijadwalkan berangkat menuju Papua pada Sabtu (12/5) pukul 04.00.

“Diperkirakan tim akan mendarat di Papua pada pukul 13.00 atau 14.00. Mereka akan langsung istirahat untuk menjaga kondisi fisik dan menjajal lapangan Mandala pada Minggu (13/5) pagi,” jelas Hendri. (cw2)

@sripoku

Tidak ada komentar: