Selasa, 17 April 2012

SFC Bertekad Permalukan Persisam

Palembang - Sriwijaya FC harus menelan pil pahit saat dikalahkan Persisam Putra Samarinda 4-1 di putaran pertama LSI musim lalu. Laskar Wong Kito bertekad menghapus catatan hitam di kandang Pesut Mahakam tersebut.

Dijamu Persatuan Sepakbola Indonesia Samarinda (Persisam) Putra Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), di putaran pertama Liga Super Indonesia atau Indonesia Super League (ISL) 2010/2012 lalu, Sriwijaya FC harus menderita kekalahan 1-4. Kepala Pelatih Sriwijaya FC Kashartadi pun bertekad Ponaryo Astaman dan kawan-kawan akan menghapus catatan buruk tersebut.

Pertempuran Laskar Wong Kito melawan Pesut Mahakam di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (18/4/2012) besok, merupakan laga kedua di putaran kedua LSI musim ini. Sebelumnya, di putaran pertama, Sriwijaya FC berhasil membungkam Persisam Putra Samarinda 3-1, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang pada Sabtu (3/3/2012) lalu.

Dari lima kali pertemuan di LSI dan Copa Indonesia, Sriwijaya FC tiga kali mengalahkan Persisam Putra Samarinda. Pesut Mahakam pernah mengimbangi Laskar Wong Kito 2-2 di Copa Indonesia, dan mengalahkan 4-1 di LSI musim lalu. Kekalahan di putaran pertama musim lalu, dibalas Sriwijaya FC dengan kemenangan 3-1 di putaran kedua.

“Target kita bisa mencuri poin di kandang Persisam. Sykur-syukur bisa poin penuh. Kemenangan atas Deltras lalu menjadi modal bagi kita, menambah kepercayaan diri para pemain,” ujar Kepala Pelatih Sriwijaya FC Kashartadi kepada BeritaPagi, Senin (16/4/2012).

Kashartadi optimis, meski tanpa striker atau penyerang Keith Jerome Kayamba Gumbs yang harus absen terkena akumulasi kartu kuning, Hilton Moreira dan kawan-kawan mampu mengatasi Persisam Putra Samarinda.

Tanpa Kayamba, Kashartadi kerap merubah formasi permainan Sriwijaya FC. Jika Kayamba-Hilton tidak absen, Kashartadi kerap menggunakan 4-4-2. Yakni, empat pemain di delakang atau bek, empat gelandang, dan dua striker. Tanpa Kayamba atau Hilton, Kashartadi lebih memilih formasi 4-3-3. Yakni, menempatkan empat bek, tiga gelandang, dan tiga striker di lini depan.

Laga tandang di kandang Persisam tentu menjadi laga berat bagi Sriwijaya FC. Pesut Mahakam tentu tidak ingin Laskar Wong Kito mencuri poin di kandang mereka. Sementara bagi Sriwijaya FC menang atas Persisam menjadi sangat penting jika tidak mau terkejar oleh Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura (Persipura), Papua, yang terus membuntuti di klasemen sementara.

Sebelum menghadapi Sriwijaya FC, Persisam Putra Samarinda ditahan imbang 2-2 oleh tamunya Persatuan Sepakbola Indonesia Raja Ampat (Persiram), Papua, Sabtu (14/4/2012) lalu. Sedangkan Sriwijaya FC berhasil mengatasi tuan rumah Delta Putra Sidoarjo (Deltras), Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (13/4/2012) lalu. [gus]

Tidak ada komentar: