Selasa, 17 April 2012

Persisam - Sriwijaya FC: Trio Tuan Rumah Patut Diwaspadai

Posisi Sriwijaya FC yang turun ke peringkat kedua klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) mewajibkan tim asal Palembang ini untuk mengalahkan Persisam Putra Samarinda di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (18/4), jika ingin kembali merebut tampuk pimpinan klasemen dari tangan Persipura Jayapura.

Menghadapi tuan rumah Persisam yang terkenal tangguh di kandang, membuat pelatih kepala SFC Kas Hartadi memutar otak untuk mencari formula yang tepat menjinakkan Persisam. Salah satu taktik yang diterapkan Kasadalah bagaimana cara mematikan trio penyerang Persisam yaitu Cristian Gonzales, Eka Ramdani, dan Jarry Boima Karpeh. Selain menyiapkan strategi yang tepat, Kas juga menyempatkan diri mempelajari rekaman pertandingan saat Persisam Putra Samarinda ditahan imbang tim papan bawah Persiram Raja Ampat 2-2.

“Persisam memiliki penyerang yang handal serta lini tengah yang tangguh. Kita harus mewaspadai pergerakan tiga pemain Persisam, yaitu Cristian Gonzales, Eka Ramdani, dan Jarry jika ingin mencuri poin di sini. Sebenarnya semua pemain Persisam berbahaya, namun tiga pemain ini lebih wajib kita waspadai,” kata Kas saat dihubungi GOAL.com Indonesia dari Palembang, Selasa (17/4), sebelum menjajal stadion Segiri Samarinda.

Karena itulah, Kas menyiapkan benteng kokoh di lini belakang dengan menempatkan Supardi, M Ridwan, Thiery, dan Jamie Coyne untuk membendung pergerakan Gonzales, Jarry, dan Eka Ramdani. “Kuncinya, jangan sampai tiga pemain ini menguasai bola di area pinalti. Saya harap pemain belakang bisa mematikan pergerakan mereka. Kita juga berharap Ferry dalam kondisi terbaik saat menghadapi Persisam,” ujar Kas.

Dari analisa Kas, Persisam memang kuat di lini tengah maupun depan. Di depan ada Jarry, Yongki dan Gonzales, sementara di lini tengah diperkuat pemain handal, seperti Eka Ramdani, Fandi Muchtar, Akbar Rasyid, maupun Srdan Lovicic. Namun, pertahanan Persisam cukup terbuka untuk diserang. karena itulah, Kas juga mencari cara yang jitu untuk menggempur pertahanan Persisam.

Absennya Kayamba Gumbs akibat akumulasi kartu sedikit mengurangi kekuatan SFC di lini depan, namun Kas telah mengantisipasinya dengan menempatkan Riski Novriansyah untuk menggantikan peran Kayamba. Bersama Hilton, Kas berharap Riski bisa membobol gawang Persisam.

Selain duet penyerang ini, Kas juga menyiapkan Siswanto untuk membantu Riski dan Hilton di lini depan. Sementara Ponaryo Astaman, Lim Jun Sik serta Firman Utina akan bahu-membahu membantu serangan dari lini tengah. ”Kalau ingin mencuri angka di sini, kita harus unggul dalam semua lini. Lini tengah dan depan harus bahu-membahu untuk menciptakan gol, sementara lini belakang harus bisa menjaga pertahanan dari kebobolan. Jika semua pemain dalam kondisi terbaik, mencuri angka di sini bukanlah hal yang mustahil,” ujarnya.

Meskipun sebelumnya berhasil mengalahkan tuan rumah Deltras, namun Sriwiaya FC diprediksi akan kesulitan meraih angka di Samarinda. Maklum, dari dua laga tandang terakhir di Samarinda, Sriwijaya FC selalu kalah. 2010, Sriwijaya takluk 1-0, dan 2011, Kayamba dkk di bantai Persisam 4-1. “Kekalahan sebelumnya, akan kita jadikan pelajaran untuk meraih hasil yang lebih baik pada pertandingan kali ini. Target kita tetap mencuri angka, dan jika ada kesempatan, tentu kita ingin menang,” kata Kas. (gk-42)

Prakiraan Susunan Pemain:

Persisam (4-4-2): Agung Prasetyo; Supriyono, M Robby, Dias Angga Putra, Luc Owona Zoa; Eka Ramdani, Fandhi Muchtar, Akbar Rasyid, Srdan Lopicic; Cristian Gonzales, Jerry Boima Karpeh

SFC (4-3-3): Ferry Rotinsulu; Supardi, Thiery, Jamie Coyne, M Ridwan; Lim Jun Sik, Ponaryo Astaman, Firman Utina; Hilton, Riski, Siswanto.

@goal.com

Tidak ada komentar: