Rabu, 18 April 2012

Persisam vs Sriwijaya FC, SALING KUDETA

Kemenangan menjadi harga mati bagi Sriwijaya FC saat menjalani lawatan ke kandang Persisam Putra Samarinda. Pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Segiri, sore nanti (18/4), Laskar Wong Kito bertekad mencuri kemenangan atas tuan rumah Persisam demi posisi puncak (Siaran langsung ANTV pukul 15.30 WIB).

Betapa tidak, Persipura kemarin (17/4) berhasil mengkudeta posisi Sriwijaya di puncak klasemen sementara. Mutiara Hitam (sebutan Persipura) berhasil meraih tiga poin saat kalahkan Arema Indonesia dengan skor 2-1 di Stadion Mandala Jayapura. Hasil positif ini membuat Boaz T Salossa dan kawan-kawan unggul 3 poin atas Sriwijaya FC (42-39). Namun Sriwijaya diuntungkan dengan jumlah pertandingan. Persipura sudah jalani 20 laga sedangkan Sriwijaya FC baru 18 laga.

“Kami harus menang lawan Persisam, bila ingin kembali menjadi pemuncak klasemen. Kami harap, hasil tiga poin lawan Deltras, (13/4) lalu bisa terulang kembali di pertandingan nanti,” kata Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (pengelola Sriwijaya FC), Hendri Zainuddin, kemarin (17/4).

Maklum, bila Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) ngotot bisa memetik tiga poin. Sebab, bila itu sukses dijalankan, Sriwijaya kembali menyodok sebagai pemuncak klasemen dengan 42 poin. Unggul jumlah gol dari Persipura.

“Kami masih menjalani 18 laga sedangkan Persipura sudah bertanding 20 kali. Hal ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin untuk mengejar ketertinggalan. Mudah-mudahan, hasil positif bisa kami raih lawan Persisam,” ujar pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi.
Namun, misi sulit bakal dijalani Sriwijaya pada pekan ke-19 nanti. Sebab, Sriwijaya pada kondisi tak sebenarnya. Tim juara Piala Indonesia edisi 2007, 2008 dan 2009 itu harus kehilangan pemain terbaik, Keith Kayamba Gumbs dan Nova Ariyanto yang mendapat akumulasi.

Absennya Kayamba (sapaan Keith Kayamba Gumbs) jelas menjadi momok tersendiri bagi Laskar Sriwijaya. Sebab, pemain berjersey nomor 17 itu merupakan motivator sekaligus mesin gol Sriwijaya. Itu dibuktikan, musim ini Kayamba menjadi top skor sementara dengan 15 gol.
Tak hanya itu, Kayamba juga termasuk striker Sriwijaya paling subur menciptakan gol ke gawang Persisam. Pada putaran pertama (3/3) lalu, Kayamba mampu menciptakan dua gol. Sebelumnya, pemain yang merangkap pelatih fisik itu juga sukses membukukan dua gol saat menang 3-0 (16/2/10) lalu.

Rizki Novriansyah yang ditunjuk sebagai penggantinya dinilai belum sepadan dengan Kayamba. Sebab, sepanjang musim ini, Rizki baru mengoleksi satu gol. Beruntung, Sriwijaya masih mempunyai satu striker yang tak kalah suburnya, yakni Hilton Moreira yang mampu mengumpulkan 12 gol musim ini.

“Rizki nanti akan dibantu oleh Hilton dan Firman untuk lini depan. Jadi, kami rasa tak terlalu timpang meski tanpa Kayamba. Kami juga sudah mempunyai pengganti Nova, yakni Thierry Gathuessi yang sudah terbebas dari akumulasi dan akan ditandemkan dengan Jamie Coyne,” lanjut entrenador asal Solo, Jateng itu.
Pulihnya kiper utama Ferry Rotinsulu juga menjadi angin segar bagi Sriwijaya. Pemain berjersey nomor 12 itu dipastikan bisa tampil sejak menit awal setelah sembuh dari cedera hamstring ringan. “Kondisi Ferry sudah tidak ada masalah lagi. Ferry akan kami mainkan sejak menit awal. Begitu juga dengan kondisi pemain lainnya tidak ada masalah dan semuanya siap tempur,” tambah mantan arsitek SFC U-21 itu.
Krisis pemain bukan hanya datang dari Sriwijaya saja. Tuan rumah, Persisam juga mengalami hal yang sama. Elang Borneo (julukan Persisam) juga bakal kehilangan penyerang muda, Yongki Ariwibowo. Sebagai gantinya, Persisam akan memainkan Cristian Gonzales yang akan diduetkan dengan Jerry Boima Karpeh.

Lini tengah Pesut Mahakam (julukan lain Persisam) juga bakal pincang. Setelah gelandang asing, Ronald Fagundes yang mengalami cedera kaki masih diragukan tampil. “Untuk pemain tengah saya banyak alternatif masih ada Fandi Mochtar, Akbar Rasyid, Eka Ramdani dan Srdjan Lopicic,” kata pelatih Persisam, Hendri Susilo.

Hingga saat ini Persisam bercokol di posisi 11 dengan 23 poin dari 18 laga yang telah dijalani. Persisam targetkan poin penuh. Skuadra Hendri Susilo tetap berambisi untuk menumbangkan Sriwijaya. “Kami ingin memperbaiki penampilan kami yang kurang maksimal saat lawan Persiram lalu. Kami harap, anak-anak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi, Sriwijaya merupakan tim kuat,” sambungnya. (gsm/ce2)

Perkiraan pemain:
Persisam (4-4-2): Supriyono (g); Joa, Roby, Dias Angga (B); Lopicic, Eka, Akbar Rasyid, Fandy Muchtar (T); Gonzales, Jerry Karpeh (D).
Pelatih: Hendri Susilo

Sriwijaya FC(4-2-3-1): Ferry (g); Supardi, Thierry, Coyne, Mahyadi (B); Lim Junsik, Ponaryo (T); Ridwan, Firman, Hilton (D); Rizki Novriansyah.
Pelatih: Kas Hartadi

Stadion: Segiri

@sumeks

Tidak ada komentar: