Rabu, 18 April 2012

Pelatih Sriwijaya FC Beberkan Kunci Kemenangan Atas Persisam


Kemenangan SFC tidak lepas dari kecerdikan Hilton Moirera dan Riski Novriansyah memanfaatkan lambannya pemain belakang Persisam.

Sriwijaya FC Palembang berhasil meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah Persisam Putra Samarinda berkat gol tunggal Riski Novriansyah pada menit ke-60 . Kemenangan ini sekaligus membawa SFC kembali memuncaki klasemen sementara ISL dan memecahkan rekor tidak pernah meraih angka di Stadion Segiri Samarinda.

Lantas, faktor apa yang berhasil membawa Sriwijaya FC mengalahkan Persisam yang terkenal kuat di kandangnya. Pelatih Sriwijaya FC Kashartadi menyebut kemenangan SFC berkat kepiawaian lini belakang SFC mematikan pergerakan Cristian Gonzales serta kecerdikan Riski memanfaatkan lambannya pergerakan pemain belakang Persisam.

“Faktor pertama kemenangan kita karena berhasil mematikan pergerakan Gonzales. Disini Thiery Gatuesi bisa menjalankan instruksi saya dengan baik. Kunci serangan Persisam ada di Gonzales, dengan mematikan Gonzales, maka serangan Persisam akan pincang. Dan ini berhasil dijalankan dengan baik oleh Thiery,” kata Kashartadi dihubungi dari Palembang usai pertandingan.

Kemudian lanjut Kashartadi, berhasilnya pemain belakang SFC menghentikan pergerakan Eka Ramdani, juga menjadi andil gagalnya Persisam mencetak gol.” Pada babak pertama, lini belakang kita sedikit diuntungkan dengan tidak tampilnya Jerry, namun babak kedua Jerry berhasil merepotkan pertahanan kita. Langsung saya instruksikan Jamie Coyne untuk mengawal Jerry . Dan ini berhasil sehingga lini depan Persisam sulit menembus pertahanan kita,” ujarnya.

Kemenangan SFC juga tidak lepas dari kecerdikan Hilton Moirera dan Riski Novriansyah memanfaatkan lambannya pemain belakang Persisam. ”Ini sudah saya antisipasi. Persisam kuat di depan dan tengah, namun kurang baik di pertahanan. Saya instruksikan kepada Hilton dan Riski untuk memanfaatkan kelemahan lini belakang Persisam, dan akhirnya, Riski bisa mencetak gol,” kata Kashartadi.

Faktor berikutnya yang membawa SFC mengalahkan Persisam adalah keunggulan lini tengah SFC.” Lini tengah kita sangat hidup. Ponaryo, Firman dan Lim bermain sangat baik. Bahkan menurut saya pemain terbaik pada pertandingan kali ini adalah Ponaryo Astaman. Ponaryo dengan baik mengkoordinir lini tengah SFC. Keberhasilan kita menguasai lini tengah, juga menjadi faktor kemenangan kali ini,” ujarnya.

Dikatakan Kashartadi, diluar semua itu, pemain Sriwiaya FC tampil sangat baik penuh semangat untuk meraih kemenangan.” Saya instruksikan kepada pemain untuk menekan sejak awal. Karena dengan terus menekan kita bisa menciptakan banyak peluang. Ini berhasil, terbukti kita berhasil menguasai bola dan meraih kemenangan,” katanya . (gk-42)

@goal.com

Tidak ada komentar: