Sabtu, 26 Mei 2012

Sriwijaya FC vs Persipura, Jangan Nodai Laga Kandang!

Optimisme diusung skuad Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura, saat melakoni duel klasik di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (25/5) malam. Apalagi, kedua tim memiliki motivasi yang sama yakni merebut tropi juara Indonesia Super League (ISL) musim 2011/2012.

Skuad Laskar Wong Kito harus betul-betul memanfaatkan posisinya sebagai tuan rumah. Jangan sampai rekor laga kandang yang selalu menang ternoda. Pasukan Kas Hartadi juga harus mewaspadai ‘emosi’ Persipura yang ingin membalaskan dendam atas kekalahan tim-tim asal Papua oleh Sriwijaya FC pada pertandingan sebelumnya.

Pelatih SFC Kas Hartadi menegaskan, anak asuhnya sudah siap menghadapi Persipura. Dua misi diusung yakni meraih tiga poin dan mempertahankan rekor 100 persen kemenangan.

“Semua pemain dalam keadaan baik dan siap untuk menghadapi pertandingan nanti, kita berharap tidak ada hal lain yang mengganggu persiapan kita. Hanya kondisi Jamie Coyne yang masih akan kita pantau karena kakinya lecet,” kata Kas Hartadi, Jumat (25/5).

Soal hasil akhir pertandingan nanti, Kas juga optimis menang. Ia berharap anak asuhnya dapat meraih poin penuh agar memudahkan perjalanan menuju capolista.

”Kita optimis untuk pertandingan nanti, ini kandang kita, optimisme itu harus, saya berharap anak-anak bisa menerjemahkan latihan dalam permainan mereka nanti, sehingga bisa memudahkan jalan kita menuju tahta juara. Terkait lawan, kita sudah sering menghadapi dan kita juga sering lihat Persipura bertanding, kita berharap semua akan berjalan sesuai rencana kami dengan pemain,” papar arsitek asal Solo itu.

Soal persiapan tim, dia mengaku tetap akan mengusung pola 4-2-3-1. Tidak ada persiapan khusus termasuk perubahan komposisi pemain di starting IX. Permainan menyerang tetap akan diperagakan karena bermain bertahan lawan Persipura, sama seperti bunuh diri.

“Kita harus tampil menyerang sejak menit awal dengan cara ini kita berpeluang mengalahkan Persipura. Meskipun kita main di kandang sendiri bukan jaminan kita akan mudah mengalahkan Persipura, makanya dibutuhkan kerja keras dan disiplin tinggi,” tandasnya.

“Sangat sulit mengalahkan Persipura karena mereka tim yang konsisten dan kekuatannya merata di semua lini. Persipura memiliki pemain utility yang bisa ditempatkan dimana saja. Artinya, kekuataan Persipura tidak akan berkurang kendati ditinggalkan pemain pilarnya,” timpal Kapten SFC, Ponaryo Astaman.

“Kami harus menjaga keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Ini merupakan cara jitu untuk mengatasi permainan cepat khas Persipura,” beber mantan pemain Persija Jakarta.

Yakin Menang

Keyakinan tinggi juga diusung skuad Mutiara Hitam. Mereka bertekad mempertahankan rekor baik saat bermain di Jakabaring. Kemenangan menjadi harga mati untuk menjaga asa juara.

“Kita percaya dapat menang dari SFC sebab secara kualitas kedua klub sama. Dengan begitu kami bisa menggeser Sriwijaya karena setelah ini Sriwijaya akan melakoni dua laga tandang,” kata Asisten Pelatih Persipura, Mettu Duaramurry.

Mengusung permainan menyerang, tetap akan diperagakan Zahrahan Krangar dkk, mengingat laga ini adalah laga dengan hasrat mencuri tiga poin.

“Tak ada dalam kamus kita untuk bertahan. Kita akan bertahan dan menyerang, kita akan bermain terbuka dan tetap dengan gaya permainan kita meski lawannya SFC sekalipun,” jelasnya.

“Kami kesini untuk berusaha mencuri poin tiga, seluruh pemain kami dalam keadaan siap. Kami akan berusaha untuk bisa mencuri poin di sini,” ujarnya.

Sementara playmaker Persipura, Zah Rahan Krangar berjanji tidak akan melakukan selebrasi berlebihan andaikata dirinya mencetak gol ke gawang mantan klubnya.

“Perasaan saya biasa saja menghadapi mantan klub sendiri, namun kalaupun saya berhasil mencetak gol jelas saya tidak akan melakukan selebrasi secara berlebihan,” ujar pemain yang sudah mengoleksi delapan gol ini.

Zah menilai timnya wajib menang pada partai bigmacth tersebut jika masih ingin bersaing dalam perebutan gelar juara di musim ini, meskipun saat ini timnya sekarang sedang dilanda berbagai masalah dengan banyak pemain yang absen.

Meski begitu dirinya tetap optimis kekurangan tersebut bukanlah masalah besar bagi timnya, sebab motivasi ganda akan diperlihatkan pada saat pertandingan nanti. “Kami yakin menang. Nanti akan kami buktikan di lapangan,” pungkasnya. /fer/zal

@BP

Tidak ada komentar: