Sabtu, 26 Mei 2012

Sriwijaya FC vs Persipura, Kesampingkan Sejarah

Rekor tidak pernah menang di Jakabaring akan coba dihapus musim ini. Semua demi memuluskan langkah menuju tangga juara.

Bermain di kandang sendiri ternyata tak banyak membantu Sriwijaya FC saat menjamu Persipura Jayapura, Minggu (27/5) besok malam. Hal itu dibuktikan dengan rekor tidak pernah menang saat bersua skuad Mutiara Hitam di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Berbicara rekor pertemuan di pentas Liga Indonesia Persipura jauh lebih unggul. Dari tujuh pertemuan, Sriwijaya baru satu kali mengalahkan Persipura. Itu terjadi di edisi (2/12/2009), di Stadion Andi Mattalata Makassar. Sriwijaya menang 2-1 lewat suntingan gol Rahmat Rivai dan Zah Rahan Krangar. Sisanya berakhir dengan empat kekalahan dan satu hasil imbang.

Musim lalu, Sriwijaya hanya mampu bermain imbang kontra Persipura. Hasil lebih buruk justru ditorehkan pada pentas Indonesia Super League (ISL), (7/5/2010), dimana SFC harus menyerah dengan skor 1-2. Dua gol kemenangan Persipura dicetak Boaz Salossa menit 73 dan Yustinus Pae menit 83. Sementara gol balasan SFC dicetak Zah Rahan Krangar menit 79, yang ironisnya sudah berbaju Persipura.

Sedangkan di pentas ISL tahun 2008, Sriwijaya hanya mampu bermain imbang 2-2, berkat gol yang dicetak Ngon A Djam Claude Parfait dan Anoure Obiora Richards. Artinya, laga kandang tidak bisa dijadikan jaminan untuk meraih kemenangan.

Tapi, cerita kali ini bisa berbeda karena kemenangan menjadi syarat mutlak buat Sriwijaya mempertahankan posisi puncak plus menjaga peluang menjadi juara.

“Sriwijaya belum pernah menang di kandang lawan Persipura selama empat musim. Laga nanti tentu tidak akan mudah bagi kami. Tapi kami saat ini merasa tengah berada dalam kondisi terbaik dan siap mengakhiri rekor buruk,” kata pelatih SFC Kas Hartadi, Jumat (25/5).

Pelatih asal Solo itu mengaku, optimis musim ini bisa menghentikan dominasi Persipura atas Sriwijaya. Dan Kas sangat yakin bisa mengalahkan Zah Rahan cs di stadion kebangaan masyarakat Sumsel.

“Tak ada pertandingan yang lebih besar lagi selain menghadapi Persipura. Kami berharap bisa mengakhiri rekor buruk karena kami tak pernah menang dalam beberapa musim belakangan,” tegasnya.

“Semua pemain sudah berlatih keras. Kami tampil sangat baik saat melawan Persiwa dan itu merupakan sebuah kemenangan besar. Kami tengah dalam kondisi sulit karena harus melakoni beberapa laga sulit dalam rentan waktu yang sangat sedikit. Semoga saja kami mampu melewatinya dengan baik,” pungkasnya.

Optimisme tinggi juga diusung tim lawan. Apalagi, seluruh pemain Persipura bisa tampil. Termasuk gelandang enerjik Gerrad Pangkali, yang sebelumnya dikabarkan absen akibat akumulasi kartu.

“Selain Boaz seluruh pemain bisa tampil. Dengan begitu kami optimis bisa membuat kejuatan,” ungkap Asisten Pelatih Persipura, Mettu Duaramurry.

Dia mengatakan, timnya sengaja tidak melakukan latihan fisik dan memilih berlatih di kolam renang. Latihan ini dimaksudkan untuk menjaga kebugaran dan membuat pemain lebih enjoy.

“Besok (hari ini-red) pelatih Jacksen F Tiago akan melihat fisik pemain dan menjajal stadion Jakabaring. Termasuk menentukan line up yang bakal diturunkan,” tutupnya. /fer/zal



Rekor Pertemuan

28/01/2012 ISL Persipura 2 – Sriwijaya FC 1

23/03/2011 ISL Sriwijaya FC VS Persipura 0-0

30/01/2011 ISL Persipura VS Sriwijaya FC 3-2

27/7/2010 Piala Indonesia Sriwijaya FC VS Persipura 5-3 (Adu Penalty)

07/5/2010 ISL Sriwijaya FC VS Persipura 1-2

02/12/2009 ISL Persipura VS Sriwijaya FC 1-2

07/10/2009 Community Shield Persipura VS Sriwijaya FC 3-1

10/6/2009 ISL Persipura VS Sriwijaya FC 4-1

28/6/2009 Final Copa Sriwijaya FC VS Persipura 1-0

12/7/2008 ISL Sriwijaya FC VS Persipura 2-2

13/1/2008 Final Copa Persipura VS Sriwijaya FC 1-4 (Adu Penalty)

@BP

Tidak ada komentar: