Rabu, 23 Mei 2012

Jamu Persipura 27/5, SFC Full Team

Persipura Jayapura adalah pesaing utama Sriwijaya untuk merebut gelar Indonesia Super League (ISL) 2011/2012. Laskar Wong Kito --julukan Sriwijaya FC-- terus dibuntuti dalam pengumpulan poin dan ’hanya’ tertinggal 7 poin. (lihat klasemen). Bahkan Tim berjuluk Mutiara Hitam itu sempat mengkudeta Sriwijaya FC dan memimpin klasemen. Akhir pekan ini, Sriwijaya FC berpeluang untuk memperlebar jarak poin dengan Persipura. Sebab keduanya akan berhadapan di Stadion Sriwijaya Jakabaring dalam lanjutan ISL, Minggu (27/5).

Menghadapi laga krusial tersebut, pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi memiliki dua modal penting. Pertama adalah delapan laga tanpa kekalahan (7 menang, 1 seri), serta kondisi skuad yang 100 persen siap tempur. Menjamu Zah Rahan dkk, tak satu pun pemain yang terkena akumulasi kartu. Dan tidak ada pemain yang mengalami cedera serius.

Ponaryo, yang di laga lawan Persiwa Senin (21/5) tidak dimainkan karena cedera, diyakini sudah bisa pulih. Sementara Firman Utina yang pada tersebut belum fit 100 persen, diharapkan juga sudah dalam kondisi siap tempur. ”Ponaryo hanya memar saja. Besok diharapkan sudah pulih. Sedang Firman juga kita harapkan fit 100 persen sehingga keduanya bisa bahu-membahu di lini tengah nanti (lawan Persipura, Red),” kata Kas Hartadi.

Lawan Persipura, Kas Hartadi mengakui akan menjadi lawan paling berat. Selain didukung materi pemain yang bagus, Persipura secara tim juga stabil. ”Pelatihnya (Jackson F Thiago, Red) salah satu pelatih terbaik di Indonesia. Ia juga sangat pintar dalam meramu strategi. Jadi kita harus betul-betul dalam performa terbaik untuk menghadapi mereka,” kata Kas Hartadi.

Karena itu Mas Kas --sapaan akrab Kas Hartadi-- ingin mempersiapkan skuadnya pada kondisi terbaik. ”Kita bisa memainkan semua pemain itu keuntungan. Tapi kita tetap tak boleh lengah karena Persipura akan menjadi lawan terberat,” katanya.

Meski begitu, pelatih asal Solo ini tak memforsir pemainnya dengan latihan yang berat. Mas Kas justru mengistirahatkan Ferry dkk dalam dua hari, kemarin dan hari ini. ”Hanya latihan ringan untuk conditioning (menjaga kondisi, Red) saja. Kita lebih fokus pada kebugaran pemain,” kata Kas Hartadi.

Hal tersebut menurut Mas Kas, perlu dilakukan karena sejak laga lawan Persiram, Kamis (17/5) tengah pekan lalu, para pemain Sriwijaya FC nyaris tak punya waktu recovery. ”Ini juga sekaligus recovery setelah lawan Persiram pekan lalu. Sebab pemain praktis belum istirahat,” katanya.

Menghadapi Persipura, Kas Hartadi lebih menekankan pada kesiapan kebugaran fisik dan mental pemainnya. ”Tehnik dan strategi pemain sudah matang. Kita tinggal memberikan istruksi terakhir jelang pertandingan saja. Yang penting pemain dalam kondisi bugar,” pungkas pelatih yang selalu terbuka dengan wartawan ini. (har)

@palpos

Tidak ada komentar: