Jumat, 17 Februari 2012

PSSI akan Jadikan Pekanbaru tuan rumah Piala Asia U-22


Pekanbaru dibidik oleh PSSI menjadi lokasi pelaksanaan kualifikasi Piala Asia 2013 U-22 pada 23 Juni hingga 3 Juli 2012 setelah PSSI mendapatkan tawaran dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Sekjen PSSI Tri Goestoro di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa dibidiknya Pekanbaru sebagai tuan rumah bukan tanpa alasan karena dinilai telah mempunyai infrastruktur yang memadai dan sesuai dengan regulasi.

"Pekanbaru sedang membangun stadion baru untuk persiapan PON. Jadi minggu depan setelah saya mendapatkan izin dari rapat nanti saya akan menjajaki," kata Tri sebelum rapat Komite Eksekutif di Hotel Crown Jakarta.

Di Pekanbaru saat ini ada tiga stadion yang layak digunakan untuk pertandingan internasional meski saat ini ada yang dalam tahap renovasi maupun pembangunan yaitu Stadion Kuansing, Stadion Kaharudin Nasution, dan Main Stad ion.

Menurut dia, Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta juga masuk nominasi bersama dengan Stadion Lebakbulus. Berhubung Stadion Lebakbulus ada rencana dibongkar menyusul adanya program MRT yang digulirkan pemerintah DKI Jakarta.

"Stadion memang menjadi masalah. Salah satu syarat utama untuk menjadi tuan rumah adalah memiliki dua stadion utama dan tiga lokasi latihan termasuk dengan akomodasinya," katanya.

Meski mendapatkan tawaran menjadi tuan rumah babak kualifikasi Grup E, langkah Indonesia memang cukup berat karena harus bersiang dengan dua negara besar yaitu Australia dan Jepang. Hanya saja kedua negara itu belum menetapkan kepastian.

"Kami satu grup dengan Australia dan Jepang yang memiliki kualitas sepak bola yang bagus, tentu akan bisa dinikmati masyarakat disini. Makanya kami akan terus mengupayakan," katanya.

Kualifikasi Piala Asia 2013 diikuti 41 negara yang terbagi dalam tujuh grup. Pertandingan kualifikasi sendiri dilakukan terpisah atau dilakukan ditujuh tempat sesuai dengan jumlah pembagian grup.

Indonesia pada kualifikasi Piala Asia 2013 U-22 masuk dalam Grup E. Selain satu grup dengan Australia dan Jepang, Timnas Garuda Muda satu grup dengan Singapura, Makau, dan Timor Leste.

@12paz

Tidak ada komentar: