Jumat, 02 Maret 2012

Safee Sali Bela Malaysia, PSSI Mau Protes Ke FIFA

Ketua umum PSSI Djohar Arifin Husein mengungkapkan, dalam waktu dekat akan mengajukan protes kepada FIFA mengenai dimainkannya Safee Sali oleh Malaysia dalam pertandingan persahabatan melawan Filipina.

Protes ini dilakukan PSSI, karena Safee bermain untuk klub Superliga Indonesia (ISL) Pelita Jaya Karawang. Djohar mengaku heran dengan kebijakan federasi sepakbola Malaysia (FAM) yang memanggil Safee untuk memperkuat tim Harimau Malaya.

“Kami heran kepada ada perbedaan antara kami dan Malaysia. Saya sudah minta sekjen [Tri Goestoro] untuk melaporkan hal ini kepada FIFA,” ujar Djohar dalam keterangannya kepada wartawan.

“Mungkin FIFA tidak ingat satu per satu nama pemain yang tampil di ISL. Kami akan sampaikan ini kepada FIFA.”

Di lain sisi, Djohar kembali menegaskan, otoritas sepakbola nasional itu tidak pernah melarang pemain ISL membla tim nasional. Djohar mneyatakan, larangan tersebut dikeluarkan FIFA melalui surat yang dikirim ke PSSI pada akhir tahun lalu.

“Kami tidak pernah melarang pemain masuk timnas. FIFA lah yang melarang lewat surat mereka tanggal 21 Desember lalu,” kata Djohar.

Beberapa saat lalu, sekjen konfederasi sepakbola Asia (AFC) Alex Soosay menyatakan, Safee masih bisa bermain untuk Malaysia, setidaknya sampai 22 Maret 2012. Tanggal itu juga menjadi batas waktu bagi PSSI untuk menyelesaikan kemelut di persepakbolaan nasional sesuai dengan permintaan bersama AFC dan FIFA.

@goal

Tidak ada komentar: