Jumat, 24 Februari 2012

Qatar Pertanyakan Materi Pemain Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan, Qatar mempertanyakan materi pemain tim nasional Indonesia yang akan diturunkan saat melawan Bahrain pada pertandingan terakhir Grup E Pra-Piala Dunia 2014 zona Asia, 29 Februari.

Dalam daftar klasemen sementara, Qatar duduk di urutan kedua klasemen GrupE dengan mengoleksi 11 poin atau dua angka di bawah Iran. Adapun Bahrain menempati tempat ketiga dengan selisih tiga poin dari Qatar.

Oleh karena itu, nasib Qatar untuk lolos ke putaran empat bergantung pada laga Bahrain melawan Indonesia. Qatar hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan lolos ke putaran empat.

Ceritanya berbeda bila Qatar menelan kekalahan dari Iran dan Bahrain mengalahkan Indonesia dengan minimal selisih sepuluh gol.
Peluang Bahrain memetik kemenangan sangat terbuka karena Indonesia tidak bisa menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Ini terjadi setelah timnas dirombak akibat dualisme yan terjadi di kompetisi
Indonesia. PSSI memutuskan hanya menurunkan pemain-pemain yang berkompetisi Indonesian Premier League (IPL) dan mencoret pemain-pemain yang terlibat di Indonesia Super League (ISL). Selain itu, persiapan timnas Indonesia juga kurang maksimal.

Pelatih Aji Santoso hanya memiliki waktu sepekan untuk membentuk tim. Inilah yang menjadi keberatan dari Qatar. "Memang ada disampaikan (keberatan). Qatar mempertanyakan tim kita ini yang tidak seperti tim yang lalu. Mereka tidak tahu kekuatan tim ini. Memang ada beberapa pemain senior yang tidak ikut, tapi bukan berarti tim ini lemah," kata Djohar, Kamis (23/2/2012).

Meski begitu, Djohar menyatakan bahwa timnas tidak akan menyerah begitu saja. Djohar meminta tim bisa mencuri poin demi memperbaiki posisi Indonesia di ranking FIFA. "Para pemain juga akan berusaha memperlihatkan kemampuan terbaiknya," ujarnya. Tim baru yang akan berlaga di turnamen tersebut sama sekali berbeda dari timnas yang telah berlaga pada lima pertandingan sebelumnya. Tim kali ini sebagian besar terdiri dari pemain timnas U-23
yang memperkuat tim Indonesia di SEA Games 2011. Hari ini timnas
dijadwalkan terbang ke Bahrain sebelum bermain pada Rabu (29/2/2012).

Tidak ada komentar: