Minggu, 04 Maret 2012

Super Kayamba 'Papa' Gumbs

GENAP 40 tahun, namun suporter, fans, dan pemerhati sepakbola, lupa akan usia Kayamba. Dia kini pemuncak top skorer Indonesia Super League (ISL), usai mencetak dua dari tiga gol yang membawa kemenangan bagi Sriwijaya FC atas Persisam Putra pada lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), di Stadion Gelora Sriiwjaya Jakabaring, Sabtu (3/3/2012).

Kayamba mencetak gol pembuka di menit ke-10, kemudian melesakkan gol di menit 33, usai memaksimalkan umpan terobosan Syamsul Khairudin, melewati kiper Agung Prasetyo dia memasukkan bola dengan tumitnya. Sebenarnya, Gumbs dia bisa mencetak hattrick, namun ketika penalti didapatkan karena Supriono melanggar Hilton itu, didiambilnya. Ia memberikan kesempatan kepada Hilton Moreira untuk mengeksekusinya.

"Itu menandakan kematangannya, dia panutan bagi para pemain," kata Direktur Teknik dan SDM PT SOM, Hendri Zainudin.

Super Gumbs, demikian suporter menjulukinya kini.
Dia kerap dipanggil "papa" oleh para pemain ketika di lapangan maupun di luar lapangan.
Usianya yang sudah memasuki 40 tahun, posisinya sebagai asisten pelatih dan pelatih fisik, membuatnya sangat dihormati. Panggilan "Papa" bentuk penghormatan para pemain. Total kini, 14 gol ditorehkan.

"Mungkin suporter, fans dan kita semua lupa berapa usia Kayamba dengan kemampuannya," jelas salah seorang suporter senior yang terkenal dekat dengan pemain, Yan.

Memang harus diakui, Kayamba sosok panutan bagi pemain asing didalam dan luar lapangan. Dia contoh pemain yang tetap bugar di usianya yang terbilang senior untuk pemain sepakbola, lebih istimewa lagi karena di posisi striker. Pribadinya di luar lapangan pun patut menjadi contoh. Sang istri Laurencia dalam sebuah kesempatan mengatakan, Kayamba sosok suami setia, tidak neko-neko, disiplin, tidak meneguk alkohol, dan sangat menjaga kebugaran tubuhnya.

Yan juga mengungkapkan jika pemain seperti Syamsul Khairudin pun memuji Kayamba, bukan hanya dengan kehebatannya sebagai pemain, tetapi juga mau berbagi kiat-kiat kebugaran."Syamsul dan rata-rata pemain mengaku bugar berkat kiat hidup sehat yang diberikan Kayamba," ujar Yan.

@sripoku

Tidak ada komentar: