Selasa, 06 Maret 2012

KEBOHONGAN PSSI: Soal ISL, Sanksi Bukan dari FIFA, tapi PSSI

Klaim PSSI bahwa pemain yang merumput di ISL tidak boleh bermain untuk timnas negaranya masing-masing mendapat tanggapan dari FIFA.

Hal itu diungkapkan FIFA setelah mendapat surel dari chief editor GOAL.com Indonesia Bima Said mengenai dibolehkannya Safee Sali bermain untuk timnas Malaysia di akhir Februari saat melawan Filipina, sementara pemain Indonesia yang merumput di ISL diklaim PSSI tidak diperbolehkan FIFA untuk bermain.

Safee Sali sendiri merupakan pemain Pelita Jaya, yang merupakan tim yang ambil bagian di kompetisi Indonesia Super League, kompetisi tandingan milik PSSI, Indonesia Premier League atau IPL.

Dalam pernyataan balasan kepada GOAL.com Indonesia, FIFA menyatakan pihaknya mendapat informasi dari PSSI bahwa klub yang ambil bagian di kompetisi tandingan telah dijatuhkan sanksi selama setahun.

"FIFA telah diberitahu oleh PSSI bahwa klub-klub yang berpartisipasi dalam liga 'yang memisahkan diri' telah diberi sanksi pemberhentian satu tahun," demikian FIFA.

Adapun FIFA belum memberikan keputusan apa pun mengenai dualisme kompetisi di Indonesia. "Tapi apabila situasi ini tidak dituntaskan sebelum 20 Maret 2012, FIFA akan melaporkan kasus dari PSSI kepada Asosiasi Komite FIFA untuk ditinjau ulang," pernyataan FIFA berikutnya.

Mengenai kasus Safee Sali sendiri, FIFA tidak bisa memberikan banyak komentar mengenai kemungkinan yang bersangkutan mendapat sanksi atau tidak.

"Perlu dicatat bahwa hal ini [sanksi untuk Safee Sali] menjadi masalah internal PSSI. Karenanya kami tak bisa memberikan komentar lebih lanjut," terang FIFA.

Di bawah ini adalah email balasan dari FIFA:

From: Media Office (FIFA)
Date: 2012/3/5
Subject: FW: FW: Question: Malaysia & PSSI Indonesia
To: Bima Said

Dear Bima

Thank you for your follow up question.

Please note that this is an internal matter of the PSSI. Therefore we cannot comment any further.

Best regards
FIFA media department

From: Bima Said
Sent: Montag, 5. März 2012 14:52
To: Media Office (FIFA)
Subject: Re: FW: Question: Malaysia & PSSI Indonesia

Dear FIFA,

Thanks for the reply.

As for the Safee Sali situation, since he was playing for the Malaysia national team while under a club among the breakaway league, will he receive FIFA sanctions?

Regards,

Bima Said

@republika

Tidak ada komentar: