Jumat, 16 Maret 2012

Skak Mat. RESMI: AFC Tak Hadiri Kongres Tahunan PSSI

Kabar mengejutkan muncul menjelang Kongres tahunan PSSI di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 18 Maret mendatang. Pihak AFC memastikan tidak bisa hadir pada kongres yang diklaim bakal dihadiri 97 pemilik suara dan 300 lebih anggota tersebut.

Kabar tersebut disampaikan salah satu tokoh Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI), La Nyalla Mattaliti. Dia menyebarkan pesan singkat kepada beberapa wartawan, kalau pihaknya telah menerima surat langsung dari AFC yang berisi alasan AFC tidak akan.datang.

"Ini info A1 dari AFC. Mereka langsung klarifikasi ke PSSI. AFC sudah confirm jika tidak hadir ke kongres tahunan PSSI," ucapnya saat dikonfirmasi melalui telepon.

Dalam surat elektronik yang.diterima Nyalla dari AFC, ada dua alasan yang membuat mereka tidak hadir. Pertama, jadwal kongres bentrok dengan pertemuan komite tetap AFC. Kedua, AFC masih menunggu keputusan dari pengadilan arbitrase dunia (CAS) yang kemungkinan akan memberhentikan kongres.

"Ini surat langsung dari mereka. Kami tidak.mengada-ada," tambah Nyalla.

Dalam surat tersebut tertera jika itu bahwa surat ini sebagai balasan dari permohonan PSSI yang meminta kepada AFC untuk hadir. Ini tentu menjadi pukulan telak bagi PSSI, sebab, sebelumnya FIFA juga tidak memutuskan apakah akan hadir pada kongres PSSI.

"FIFA akan membahasnya lebih lanjut dan belum memutuskan akan datang atau tidak," tulis surat balasan media officer FIFA atas surat elektronik yang dikirimkan para wartawan.

Saat dikonfirmasi kepada PSSI, Wakil Sekjen Hadiandra menegaskan itu bukan masalah genting bagi PSSI.
Sebab, kongres yang digelar PSSI ini tetap sah meskipun tidak dihadiri petinggi FIFA dan AFC.

Alasan dia, fungsi konfederasi sepeka bola Asia (AFC) maupun induk sepak
bola dunia (FIFA) dalam kongres tahunan hanya sebagai peninjau, bukan
berfungsi lain.

"jadi tidak ada masalah. Mereka hadir atau tidak kongres tetap berjalan.
Karena disini hanya kongres tahunan dan menempatkan mereka sebagai peninjau," tuturnya.

@12pas

Tidak ada komentar: