Jumat, 16 Maret 2012

Beda Warna, Faktor Penyebab Bentok antar Suporter SFC

Kasat Intel Kompol Suyanto memaparkan dipertemuan dua kelompok suporter Sriwijaya FC yang bersiteru.
Pokok permasalahan yang sangat mendasar adalah perbedaan warna kedua kelompok. Hal ini dinilai menjadi faktor permasalahan yang sangat fundamental karena dinilai memberikan gerakan memancing kelompok lain merasa beda.

”Saya takutnya kedua kelompok ini sudah mempersiapkan serangan dan bentrok untuk pertandingan nantinya. Karena perbedaan simbol warna baju sangat jelas memancing keributan.
Ditambah permasalahan pribadi anggota suporter jadi apa bila ketemua beda warna sangat mencolok keributan akan terus terjadi,” kata Suyanto.

Permasalahan kedua menurutnya, setiap suporter sangat sulit transportasi. Sehingga banyak suporter berdiri dijalan-jalan tidak bisa pulang. Kondisi ini yang kadang-kadang kemudian memancing keributan.
Saat dilakukan razia suporter, kepolisan mengaku mendapatkan 83 senjata tajam, 50 batu dan 233 sabuk modifikasi. Serta 7 kasus penganiayaan dalam proses, 1 kasus pembakaran motor dan kaca bus mobil pecah yang tidak dilaporkan pemilik mobil.

Untuk menjaga ketertiban, Polresta akan menambah personil 365 personil yang terdiri dari 273 pihak kepolisian dan 92 personil lainya seperti Sat Brimob, Den Pom 11/4, Kodim 0418 dan Dishub.

”Kita akan terus mengawasi suporter dijalan dan melakukan beberapa razia,” tutupnya

Sementara itu Qusoi Ketua Beladas Korwil Simanis menjelaskan perbedaan warna memang menjadi permasalahan.

”Saya harap temen-temen Singa Mania jangan terlalu ingat sejarah. Kita berbesar hati untuk melihat kedepan dan jangan lihat kebelakang.
Sebaiknya kita bergerak dalam satu warna. Apabila tidak suka saya menjadi
dirigen Beladas saya akan mundur atau kita cari dirigen baru disana, ”ceplosnya.

Deddy Pranata menimpali, dirinya tidak akan memberikan perjanjian agar permasalahan ini tidak terus larut.

”Kita sama-sama menjaga keamanan pertandingan nantinya jangan sampai semua permasalahan terus menjadi besar. Siapa yang mulai duluan dan bentrok lagi kita semua akan mundur,”
tutupnya. MLM

@palpers

Tidak ada komentar: