Sabtu, 19 Mei 2012

Sriwijaya FC Jaga Tren Positif Tak Terkalahkan

Sriwijaya FC sedang berada pada performa terbaik. Tidak terkalahkan dalam tujuh laga di putaran kedua dengan raihan 19 poin adalah prestasi yang luar biasa. Tren positif ini akan dilanjutkan pekan depan kala menjamu Persiwa Wamena di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Senin (21/5) lusa. ”Kita berharap anak-anak tetap fokus untuk mempertahankan permainan ini. Perjalanan kompetisi masih panjang,” kata Kas hartadi, pelatih Sriwijaya FC.

Mengenai laga lawan Tim berjuluk Badai Pegunungan itu, Mas Kas --sapaan akrab Kas Hartadi-- optimis anak asuhnya dalam kondisi siap. ”Kita semua tentu capek. Setelah melakukan perjalanan yang jauh, kami tak sempat istirahat karena sudah ditunggu laga berikutnya. Tapi kita optimnis anak-anak akan berada pada kondisi terbaik,” tambahnya.

Hanya pelatih asal Solo ini mengingatkan bahwa calon lawannya juga sedang dalam kondisi mental yang bagus. Kemenangan atas Persija Jakarta di laga berikutnya tak ubahnya sebagai penyuntik motivasi yang luar biasa. Selain itu, Persiwa dinilai lebih siap dari sisi fisik karena tidak melakukan perjalanan sejauh Sriwijaya FC.

Meski bertindak sebagai tamu, Mas Kas menilai Persiwa tetap menjadi ancaman untuk meraih poin absolut. ”Sebelum ke Palembang mereka sukses mengalahkan Persija. Kemenangan yang tentunya menambah semangat mereka untuk menghadapi kami. Wajarlah, jika kami menganggap Persiwa sebagai ancaman,” tambah Kas Hartadi.

Menjamu Persiwa, Kas Hartadi kemungkinan tetap belum bisa memainkan Firman Utina. Gelandang yang mempunyai peran sebagai playmaker ini belum pulih dari cedera. Sehingga, pemain mungil tersebut terancam absen saat timnya menjamu Persiwa.
”Firman belum pulih benar, kemungkinan lawan Persiwa belum bisa main. Dia harus banyak istirahat untuk mempercepat penyembuhan cedera otot paha kanannya,” kata Kas Hartadi, kemarin.

Jika kembali tak dimainkan, Firman menambah daftar absennya di laga ISL. Sebelumnya Firman sudah absen saat tur Papua melawan Persidafon (14/5) dan Persiram (17/5), meski pemain mungil tersebut tetap dibawa. Namun keikutsertaan Firman menjadi sia-sia karena akhirnya benar-benar tidak bisa dimainkan. ”Saya melihat memang Firman tidak bisa dipaksakan, sehingga benar-benar tidak turunkan pada dua laga di Papua,” katanya.

Sementara itu Pelatih Persiwa Wamena Gomes de Olivera mengaku siap melawan Sriwijaya FC meski laga dimainkan di kandang lawan. Bahkan pelatih asal Brazil itu ingin mengejutkan tuan rumah dan berani mematok target meraih poin. Artinya mereka manargetkan minimal imbang.
Kemanangan atas Persija diakui sebagai modal penting. ”Kemenangan atas Persija menjadi modal dan suatu motivasi ke Palembang (Sriwijaya), dan kami akan berjuang di sana untuk mendapatkan poin lagi,” kata Gomes, kemarin.

Dia mengatakan bahwa timnya sangat siap untuk melakoni tur luar Papua ataupun ke Palembang dan Sidoarjo guna mendapatkan poin yang sangat penting untuk menjaga peluang tetap di tiga besar klasemen ISL 2012.

”Persiwa sudah siap untuk tur dan dapatkan poin,” katanya tegas.
Sama dengan Sriwijaya FC, Persiwa juga mengalami masalah dengan kiper utama mereka Galih Firmansyah. Galih juga sedang dalam kondisi cedera dan belum dipastikan bisa main atau tidak. ”Saya belum tahu, nanti kami bahas sama-sama. Yang penting di Persiwa siapa yang dalam kondisi terbaik, dia yang akan diturunkan,” jawab Gomes ketika disinggung soal Galih. (har/kie/fan)

@palpost

Tidak ada komentar: