Rabu, 16 Mei 2012

Bermuatan Politis, Pengiriman Timnas ke Palestina Dipertanyakan

Ketua umum PSSI versi KLB.Ancol, Maret 2012, La Nyalla Mattalitti, mempertanyakan keputusan kubu Djohar Arifin Husin yang mengirimkan Timnas ke turnamen An-Nakba di Palestina.

Kubu Djohar, ketua umum PSSI versi KLB Solo, Juli 2011, mengakui bahwa turnamen yang diselenggarakan di luar agenda FIFA dan AFC itu bersifat politis. Sebagai perwujudan dukungan atas perjuangan Palestina untuk merdeka.

“Dengan keikutsertaan Timnas ke.Palestina dengan pertimbangan karena solidaritas perjuangan rakyat Palestina menunjukan kekacauan PSSI Djohar agar dapat diakui secara Internasional, tanpa melihat bahwa turnamen tersebut tidak masuk agenda FIFA maupun AFC,” ungkap La Nyalla lewat pesan singkatnya.

“Walaupun secara politis dapat dianggap ada dukungan dari pemerintah, namun dari sisi profesionalisme sudah melanggar aturan yang ada,” sambung mantan ketua Pengurus PSSI tingkat Provinsi Jawa Timur itu.

La Nyalla menilai, Djohar saat ini berburu pengakuan karena para.anggotanya sudah mencabut mandat dan mengalihkan dukungan kepada kubu PSSI versi KLB Ancol.

Ini terjadi setelah Djohar membekukan kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) dan membentuk kompetisi baru Liga Primer Indonesia (IPL).

La Nyalla menilai, Djohar sengaja mengatakan bahwa FIFA dan AFC hanya mengakui adanya konflik dualisme kompetisi dan bukan organisasi untuk mengamankan posisinya yang sekarang makin tersudut.

La Nyalla kemudian menjelaskan.bahwa keputusan Task Force AFC mengundang kubu Djohar dan kubunya bulan April lalu menunjukkan bahwa lembaga sepak bola tertinggi Asia itu mengakui adanya permasalahan yang lebih serius daripada sekedar dualisme kompetisi.

“Apalagi dengan adanya kasus dualisme kepemimpinan PSSI yang dianggap sepihak PSSI Djohar sebagai dualisme liga, mencerminkan ketidaktahuan dari sisi organisasi, kalau dualisme liga pasti yang dipanggil hanya PSSI Djohar. Itulah kelemahan mereka dalam memahami apa yg sebenarnya terjadi dalam tubuh PSSI,” tandasnya. [yob]

@12paz

Tidak ada komentar: