Senin, 14 Mei 2012

Kronologi Kerusuhan Suporter Persipura

Suporter Persipura mengamuk usai tim kesayangannya kalah 0-1 dari Persija Jakarta di Stadion Mandala Jayapura, Minggu (13/5/2012). Berikut kronologinya.
- Di menit akhir pertandingan bek Persija Fabiano Beltrame terlibat baku pukul dengan striker Persipura Choi Dong Soo.
- Usai pertandingan supoter mengamuk dengan meleparkan botol ke lapangan pertandingan. Beberapa suporter tampak masuk ke lapangan untuk mengejar pemain Persija dan wasit.
- Polisi melepaskan tembakan peringatan ke udara serta melontarkan gas air mata kepada para seporter.
- Situasi semakin memanas dan para seporter yang tidak ikut dalam pelemparan tersebut menjadi panik hingga berhamburan begitu saja.
- Massa berhasil dipukul mundur keluar dari stadion. Massa yang masih emosi melanjutkan aksinya dengan membakar kendaraan polisi dan TNI termasuk sebuah mobil truk milik Marinir. Bukan itu saja massa juga membakar sebuah bangunan dan mobil berat milik kontraktor pembangunan dekat stadion.
- Massa melakukan blokade jalan baik menudju dan keluar stadion. Selam dua jam sampai pukul 20.15 massa masih memblokade pintu 3 stadion.
- Polisi mengepakuasi para pemain melewati dermaga yanga da di belakang stadion.
- Sampai pukul 20.30 WIT, massa semakin bringas dan mengejar masyarakat dan aparat yang ada disekitarnya, sehingga situasi semakin tidak kondusif. Tampak ada aksi lempar melempar oleh masyarakat terhadap pihak keamanan yang melakukan sweaping dengan barakuda dan mobil jeep.
- Pukul 22.30 WIT jalan yang tadinya tidak bisa di lewati pengguna jalan, akhirnya di buka. Aparat mulai menguasai keadaan. (CHANRY ANDREW SURIPATTY)

@tribunnews

Tidak ada komentar: