Minggu, 22 April 2012

Mitra Kukar vs SFC, Asa Sapu Bersih Tiga Away

Sriwijaya FC sukses mengoleksi dua laga kemenangan pada dua away terakhir, yakni menang 1-0 atas Deltras Sidoarjo (13/4) dan kembali menang 1-0 atas Persisam Putra Samarinda, (18/4). Nah, menjalani pertandingan ketiga pada putaran kedua Indonesia Super League (ISL) musim ini, Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) berharap kembali menang lawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, malam ini (22/4).
Target tiga poin itu diusung untuk menyapu bersih tur Sidoarjo dan Kaltim. “Target pasti menang. Kami berharap, anak-anak bisa selalu memetik tiga poin di setiap laga yang dijalani,” kata pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi.

Bukan hanya itu, ambisi menang juga untuk mengamankan posisi di klasemen yang masih rawan tergusur oleh seteru abadinya, Persipura Jaya Pura yang sama-sama mengoleksi 42 poin. Betapa tidak, bila Sriwijaya gagal memetik tiga poin, bukan tidak mungkin, Persipura akan ambil alih pimpinan puncak jika mampu meraih poin atas tuan rumah Persiwa (24/4) nanti.

Sriwijaya sendiri mempunyai kans untuk memetik tiga poin di kandang Naga Mekes (julukan Mitra Kukar). Sebab, komposisi Sriwijaya lebih komplet dibandingkan dua laga sebelumnya. Lawan Deltras, (13/4) Sriwijaya harus kehilangan Thierry Gathuessi dan Achmad Jufriyanto yang terkena akumulasi.
Kemudian, lawan Persisam (21/4), tim double winner 2007 itu harus memarkir Keith Kayamba Gumbs dan Nova Ariyanto yang absen karena akumulasi kartu. Kini, Laskar Wong Kito bakal tampil full team.

Keith Kayamba Gumbs dan Nova sudah bisa diturunkan. Kemudian, kiper Ferry Rotinsulu yang sempat mengalami cedera hamstring ringan juga sudah siap tempur. Praktis, masuknya, beberapa nama yang mempunyai recovery tinggi bisa menambah kekuatan Sriwijaya.

Terlebih, coach Kas Hartadi juga mempunyai banyak pilihan untuk memasang pemain. Lini belakang, selain dua asing, Thierry Gathuessi dan Jamie Coyne, masih mempunyai stok Nova Ariyanto. Kemudian, bisa juga menyiapkan Achmad Jufriyanto untuk menjadi gelandang bertahan.

Sedangkan masuknya Keith Kayamba Gumbs menjadi angin segar tersendiri bagi Sriwijaya FC. Sebab, Kayamba merupakan creator lini depan Laskar Sriwijaya. Apalagi, pemain berjersey nomor 17 itu mempunyai histori bagus saat melawan Naga Mekes. Dengan mengoleksi satu gol saat menang 4-3. Dua gol dicetak oleh Muhammad Ridwan dan satu gol dari Thierry Gathuessi, pada putaran pertama lalu (8/3).

Selain itu, Sriwijaya juga masih mempunyai satu striker muda, Risky Novriansyah yang peformanya terus menanjak. Pascamencetak gol tunggal ketika menang 1-0 atas Persisam (18/4). “Kami akan tampil full team. Semua pemain bisa kami turunkan di pertandingan nanti. Jadi, kami yakin bisa memetik kemenangan lagi seperti laga-laga sebelumnya,” lanjut mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Namun, sepertinya, coach Kas Hartadi sedikit melakukan perubahan pada pertahanan sektor kiri. Mahyadi Panggabean yang biasanya menghiasi starting eleven, kemungkinan besar akan diparkir dan digantikan oleh Seftia Hadi.

“Tidak ada masalah dengan Mahyadi Panggabean. Hanya kami perlu rotasi pemain. Sebab, tidak bagus juga bila pemain diturunkan terus. Ini juga untuk menaikkan mental pemain yang biasa dicadangkan,” tambahnya.

Namun, Sriwijaya tak boleh terlalu jumawa. Sebab, Mitra Kukar tak bisa disamakan dengan Deltras dan Persisam. Itu dibuktikan, di kandang Sriwijaya, hasil Isnan Ali dkk lebih baik dengan kalah 3-4. Sedangkan Persisam dan Deltras mengalami kekalahan 1-3.

Komposisi Naga Mekes juga mengalami perubahan di putaran dua ini. Tim asal Kaltim itu mengganti beberapa pemain yang dinilai tidak maksimal. Macam, mendepak pemain mega bintang, Marcus Bent. Dan digantikan oleh pemain yang tak kalah hebatnya, Kevin Oliviera dari klub Eredivisie Belanda, NAC Breda, Kevin Oliviera.

Serta mendepak defender kawakan, Pierre Njangka dan menggantikan defender asal Kamerun, Gustave Bahoken. Defender kelahiran 13 Juni 1979 itu pernah membela timnas Kamerun tahun 2003-2004.

Mitra Kukar juga melakukan perombakan di tubuh kepelatihan. Tim peringkat enam itu mendepak pelatih lama Simon McMenemy dari Inggris digantikan pelatih asal Swedia, Stefan Hansson.

“Dua pemain baru kami (Kevin Oliveira dan Gustave Bahoken) sudah bisa main. Mudah-mudahan bisa dapat poin penuh. Karena kami sudah pernah kalah dan akan membalasnya di sini (kandang, Red),” kata asisten manajer Mitra Kukar, Nor Alam.

Ambisi menang juga untuk mengambil lagi posisinya yang dikudeta oleh Persiba Balikpapan. Beruang Madu (julukan Persiba) sukses naik ke peringkat lima dengan 32 poin dari 20 laga setelah menang 4-1 atas PSPS Pekanbaru, kemarin (21/4). Sedangkan Mitra Kukar harus melorot ke peringkat enam dengan torehan 30 poin dari 18 laga. (gsm/ce1)


Perkiraan Pemain:
Mitra Kukar(4-3-3): Hendro (k); Ardan Aras, Hamka, Bahoken, Isnan (b); Arif, Bustomi, Obric (T); Fadil, Jajang, Olivire (D)
Pelatih: Stefan Hansson

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Ferry (g); Supardi, Thierry, Jamie, Seftia Hadi (B); Lim Junsik, Ponaryo (T); Ridwan, Firman, Kayamba (D); Hilton.
Pelatih: Kas Hartadi

Tidak ada komentar: