Jumat, 27 April 2012

Hadapi PSMS Medan SFC Andalkan Variasi Serangan

Demi mengamankan rekor kemenangan, Sriwijaya FC mengandalkan variasi serangan saat bentrok kontra PSMS Medan, pada Derby Sumatera di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Sabtu (28/4) besok. Strategi ini ditempuh untuk membongkar pola bertahan yang bakal diusung skuad Ayam Kinantan.

Pola serangan yang bakal dilakukan mulai dari sentuhan satu dua, umpan silang, umpan jauh, hingga umpan diagonal. Strategi ini sudah dimatangkan Ponaryo Astaman Cs pada sesi latihan.

“PSMS pasti akan bermain bertahan dengan mengandalkan counter attack. Menghadapi tim yang bermain bertahan dibutuhkan kerja keras dan banyak melakukan variasi serangan untuk membongkar pertahanan mereka,” kata pelatih SFC Kas Hartadi, Kamis (26/4).

Kas mengatakan, timnya tidak akan mengubah gaya permainan saat menghadapi PSMS. Apalagi, Osas Saha Cs sudah mulai mengusung konsep sepakbola modern dan meninggalkan pola lama permainan keras.

“Medan tim bagus dan mereka sudah mulai mengusung konsep sepakbola modern. Makanya, kami harus keratif dalam melakukan serangan. Kami harus bisa melakukan variasi serangan mulai dari mengatur ritme permainan. Dengan pola seperti ini serangan kita akan sulit dideteksi lawan,” bebernya.

Sriwijaya memang tidak boleh meremehkan kekuatan PSMS. Meski mereka bercokol di peringkat ke-13 dengan 22 poin dari 20, Medan tetap berpotensi menghadirkan kejutan bagi skuad Laskar Wong Kito.

Terbukti, beberapa tim pernah ditahan imbang oleh PSMS saat bermain di kandangnya sendiri. Seperti, menahan imbang 1-1 dari PSPS Pekanbaru, (9/4). Bahkan Deltras Sidoarjo harus tumbang di hadapan pendukungnya sendiri dengan skor 0-1. Begitu juga dengan Pelita Jaya, yang dipaksa bermain imbang 2-2.

“Kita harus bermain normal seperti biasa dan jangan mudah terpancing emosi. Terlebih menganggap remeh lawan itu akan menjadi bumerang. Anggapan seperti itu harus dibuang jauh-jauh. Kita akan bermain all out seperti biasa dan melakukan pressing dan pressing,” tegas Kas.

Kas berharap anak asuhnya tidak terlena dengan enam kemenangan beruntun yang mereka dapatkan. Ia meminta anak asuhnya terus memberikan tekanan kepada PSMS. Apalagi, posisi puncak klasemen belum aman lantaran Persipura juga mengoleksi 45 poin.

“Kami tidak boleh kehilangan satu poin pun dari laga kandang karena ingin memuluskan langkah menjadi juara. Jika mampu mempertahankan konsistensi, kami yakin bisa menang atas PSMS. Meski begitu, kami juga harus mewaspadai ancaman striker mereka seperti Osas Saha,” ujar Kas.

Formasi Berbeda

PSMS Medan sendiri memiliki motivas tinggi mengejutkan pemimpin klasemen Indonesian Super League (ISL). Rombongan PSMS sudah tiba di Palembang, dengan kekuatan 18 pemain dan menginap di Hotel Graha Sriwijaya.

Caretaker Pelatih PSMS, Suharto AD, yakin skuad Ayam Kinantan bisa mencuri poin dari Sriwijaya FC, karena pemainnya tengah bersemangat. Kondisi seperti itu, diakui Suharto, menjadi senjata ampuh bagi tim Ayam Kinantan dalam partai tandangnya di Palembang.

Meski SFC memegang tahta klasemen sementara, Ayam Kinantan tidak gentar. Bahkan Novi Handriawan Cs tidak menutup kemungkinan dapat mempermalukan Firman Utina Cs di hadapan pendukung fanatiknya jika pemain bisa menjalankan strategi dengan baik.

“Sriwijaya memang kuat, tapi PSMS juga memiliki peluang untuk mengalahkannya dengan modal semangat tinggi yang kami rasakan sekarang,” jelas Suharto.

Suharto didampingi Roekinoi dan Sugiar terus mengasah strategi dengan menggelar simulasi pertandingan. Termasuk mematangkan formasi yang bakal berbeda dari sebelumnya.

“Saat bertanding di Stadion Teladan putaran pertama lalu, kita hanya bisa bermain imbang tanpa gol. Dan saat ini Sriwijaya FC masih tetap jadi satu tim terbaik di pentas ISL. Karena itu, kita wajib mewaspadai sepak terjang merea di lapangan. Kita akan menyiapkan kejutan di Palembang,” tandasnya. /fer/ton

Head to head SFC vs PSMS Medan

20/2/2012 PSMS 0-0 Sriwijaya FC

02/06/09 ISL PSMS 3-1 Sriwijaya FC

01/11/08 ISL Sriwijaya FC 2-0 PSMS

10/02/08 ISL PSMS 1-3 Sriwijaya FC

16/01/08 ISL Sriwijaya FC 2-2 PSMS

06/01/08 PII Sriwijaya FC 4-0 PSMS

22/12/07 PII PSMS 2-0 Sriwijaya FC

05/12/07 ISL Sriwijaya FC 2-0 PSMS

25/02/07 ISL PSMS 0-0 Sriwijaya FC

04/06/06 PII Sriwijaya FC 0-2 PSMS

28/05/06 ISL PSMS 2-2 Sriwijaya FC

17/05/06 PII PSMS 3-1 Sriwijaya FC

26/02/06 ISL Sriwijaya FC 2-0 PSMS

24/07/05 ISL PSMS 1-2 Sriwijaya FC

10/04/05 ISL Sriwijaya FC 1-1 PSMS

Rekor: SFC 6 kali menang, 5 imbang, dan 4 kali kalah.

@BP

Tidak ada komentar: