Jumat, 23 November 2012

Indonesia Spesialis Top Skor Piala AFF

Indonesia memang belum pernah menjadi juara dalam delapan gelaran Piala AFF. Tapi untuk urusan mencetak gol, empat striker tim "Merah Putih" pernah menobatkan diri menjadi yang tersubur.

Gendut Doni Christiawan mengawali catatan apik penyerang-penyerang Indonesia itu di Piala AFF tahun 2000. Ia menjadi topskorer bersama dengan penyerang Thailand, Worrawoot Srimaka, dengan torehan lima gol.

Usai pencapaian Gendut Doni itu, striker-striker Indonesia lain yang pernah merasakan gelar topskorer adalah Bambang Pamungkas (2002) dan Ilham Jaya Kesuma (2004), dan Budi Sudarsono (2008).

Striker Singapura, Mohamed Noh Alam Shah alias 'Along', tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen dengan 10 gol, yang dia kemas di tahun 2007.

Penyerang yang pernah memperkuat Arema Malang dan Persib Bandung itu juga tercatat sebagai pengumpul gol terbanyak turnamen secara keseluruhan dengan 17 gol.

Dalam edisi Piala AFF yang terakhir, Malaysia tak hanya bisa meraih Piala AFF untuk pertama kalinya. Tim 'Harimau Malaya' juga berhasil menyabet gelar topskorer lewat Safee Sali.

Setelah Indonesia, Thailand menjadi pengumpul gelar topskorer terbanyak kedua dengan catatan tiga kali. Sementara itu, pemain-pemain Singapura dua kali, Myanmar dan Malaysia masing-masing baru satu kali.


Daftar Topskorer Piala AFF

1996 - Netipong Srithong-in (Thailand) - 7 gol
1998 - Myo Hlaing Win (Myanmar) - 4 gol
2000 - Gendut Doni Christiawan (Indonesia), Worrawoot Srimaka (Thailand) - 5 gol
2002 - Bambang Pamungkas (Indonesia) - 8 gol
2004 - Iham Jaya Kesuma (Indonesia) - 7 gol
2007 -Noh Alam Shah (Singapura) - 10 gol
2008 - Budi Sudarsono (Indonesia), Agu Chasmir (Singapura), Teerasil Dangda (Thailand) - 4 gol
2010 - Safee Sali (Malaysia) - 5 gol

©detik

Tidak ada komentar: