Minggu, 25 November 2012

Sriwijaya FC Segera 'MELEDAK'

Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi mengakui kekalahan atas Arema pada laga ujicoba rabu lalu (21/11). Meski kalah, namun pelatih asal Solo ini mengaku memetik banyak pelajaran berharga sebelum memulai turnamen Inter Island Cup (IIC) dan kompetisi ISL 2012-2013 yang baru akan dimulai Januari mendatang.

Optimisme ini bukan tanpa alasan. Hanya kalah 0–1 dan bukan melalui permainan terbuka, membuktikan bahwa sebenarnya skuad Jakabaring mampu mengimbangi permainan tim yang matang dan sangat siap dari segi finansial di Liga terbaik di Indonesia saat ini. Apalagi, hampir 90 persen skuad Sriwijaya FC semuanya baru.

“Pemain sangat total di lapangan kemarin. Itu membuat saya bangga. Mereka baru bertemu dengan rekan di tim sekitar satu–dua bulan ini. Artinya beberapa waktu lagi, mereka akan betul–betul saling memahami sebagai sebuah tim. Mereka sudah sangat lepas dan mampu memberikan perlawanan bagi tim sekelas Arema yang kesiapannya (memulai kompetisi) jauh diatas kita,”ungkap mantan pelatih SYSA Muba ini.

Selain tidak lagi khawatir di lini belakang, catatan pelatih yang telah memberi gelar di tahun pertamanya menjadi pelatih utama Sriwijaya FC tersebut adalah lini depan yang masih perlu diasah. Pergerakan dan pemanfaatan peluang oleh pemain depan menurutnya menjadi salah satu hal yang akan ditingkatkan dalam latihan kedepan.

Untuk performa lini depan Sriwijaya FC, nama lokal seperti Tantan, Sutan Samma, Moch Fakhrudin, dan Aliyudin menurutnya telah menunjukkan pola penyerangan yang berkualitas. Belum lagi disokong oleh aliran bola dari Erick Weeks yang memang masih belum bergabung dengan tim lantaran mengurus KITAS (izin tinggal), Kas tidak meragukannya.

Hanya saja, jika ingin melihat permainan tiki-taka ala Sriwijaya FC musim lalu, pemain yang ada masih belum cukup lama untuk mengerti dengan rekannya di atas lapangan. Sedikit berbanding terbalik dengan kondisi pemain diluar lapangan yang menurutnya sudah sangat akrab.

“Saya pikir hanya salah pengertian yang wajar terjadi di lapangan. Ini disebabkan mereka baru saja bertemu. Sebentar lagi saya yakin anak–anak akan menemukan performa terbaiknya karena saat ini mereka sudah mulai saling mengerti peran dan fungsinya di lapangan. Mereka bersemangat untuk menunjukkan yang terbaik bagi tim. Saya harap dengan dukungan masyarakat tim kita akan tampil lebih baik dari tim musim sebelumnya,” beber Kas.

Penggemar Eric Cantona ini, tidak melulu berbicara mengenai kekurangan di tubuh tim yang diasuhnya. Lewat obrolan santai yang berlangsung di Mess pertiwi kemarin siang, dirinya juga merasa percaya diri dengan semangat yang ditunjukkan oleh Ponaryo Astaman dan kawan-kawan. Meski tim lawan yang akan dihadapi musim depan juga semakin berat, namun semangat yang dimiliki oleh punggawa Sriwijaya FC di musim ini jauh lebih besar dibanding tim musim sebelumnya.

“Saya melihat anak–anak di musim ini memiliki semangat yang lebih besar. Hal ini menjadi kunci kekompakan dan kesimbangan di tubuh tim baik diluar maupun didalam lapangan. Saya yakin jika telah menemukan komposisi yang tepat, tim ini akan meledak. Tinggal dukungan dan optimisme masyarakat kalau kita akan berusaha memberikan yang terbaik di musim ini,”pungkasnya.(cj1)

(se)

Tidak ada komentar: