Minggu, 25 November 2012

Indonesia vs Laos, Di Untungkan Rekor

Indonesia akan memulai pertandingan pertamanya di Piala AFF 2012 grup melawan Laos sore ini di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur (Live RCTI pukul 16.15 WIB). Ini merupakan pertemuan kelima antara Indonesia dengan Laos di ajang Piala AFF. Dari empat pertemuan sebelumnya, selalu dimenangkan oleh Indonesia. Dan Indonesia pun banyak memasukkan gol ke gawang Laos sepanjang keikutsertaan di Piala AFF. Kalau ditotal ada 20 gol. Sementara Laos hanya mampu mencetak 2 gol ke gawang Indonesia.


Ini juga yang ketiga kalinya Indonesia bertemu Laos di pertandingan pertama penyisihan grup. Pada dua pertemuan terdahulu, dimenangkan oleh Indonesia dengan total 8 gol. Dan Laos hanya bisa mencetak 1 gol. Bagi keduanya, sudah tidak asing lagi bertemu di pertandingan pertama penyisihan grup.
Pertandingan pertama biasanya akan sulit bagi Indonesia maupun Laos. Disini, mental pemain dan strategi pelatih diuji.

Mampu meraih hasil bagus di pertandingan pertama merupakan keinginan keduanya. Terlebih lagi ini pertandingan pertama yang berarti keduanya masih mempunyai peluang untuk lolos sama besarnya. Lain kalau Indonesia dan Laos bertemu di pertandingan terakhir yang sudah tidak menentukan lagi bagi salah satunya.
Laos boleh saja berharap bisa memberikan kejutan ketika melawan Indonesia pada hari minggu nanti. Laos, dengan pelatih barunya asal Jepang bernama Kokichi Kimura tentu tidak akan gegabah menerapkan strategi bermain.

Kemungkinan besar, Laos akan menerapkan pola bertahan sambil berusaha mencuri gol lewat serangan balik. Strategi ini mungkin agak tepat mengingat Laos sendiri bukanlah kekuatan superior sepak bola di Asia Tenggara. Dari sepanjang keikutsertaan di Piala AFF, Laos biasanya hanya menduduki posisi juru kunci grup.

Laos sendiri lolos ke putaran final Piala AFF 2012 sebagai runner up babak kualifikasi. Sebelum melakoni pertandingan pertamanya di Piala AFF, Laos sempat beberapa kali melakukan uji coba. Diantaranya melawan Filipina yang berakhir kemenangan untuk Laos dengan skor 2-1. Lalu melawan Vietnam dan Turkmenistan, Laos dipaksa menyerah kalah. Tapi hasil uji coba yang dilakoni Laos ini tidak bisa dijadikan patokan.

Untuk itu, Indonesia tidak boleh meremehkan Laos. Karena bagaimanapun juga, Laos pernah menahan imbang Thailand dengan skor, 2-2 di Piala AFF 2010 lalu. Dan sukses mengalahkan Filipina di Vientinne, Laos dengan skor 2-1 pada sebuah pertandingan uji coba. Indonesia harus memberi perhatian ekstra pada kemungkinan serangan balik cepat pemain Laos.

Peluang menang masih milik Indonesia. Dengan 60 berbanding 40 untuk Indonesia. Tapi mengenai berapa skor yang akan tercipta? Indonesia memang dituntut harus menang besar melawan Laos. Ini merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Karena dengan hanya menang dengan skor besar tanpa kemasukkan, Indonesia akan merasa lebih nyaman ketika bertemu Singapura dan Malaysia di pertandingan berikutnya.
Pertandingan Indonesia melawan Laos diprediksi akan berlangsung seru dan menarik. Indonesia dan Laos dipastikan tidak ingin kalah di pertandingan pertama Piala AFF grup B ini. Kemenangan mutlak harus diraih Indonesia. Seri apalagi kalah jelas sangat-sangat merugikan Indonesia. Sebaliknya, bisa menahan seri Indonesia saja sudah serasa kemenangan bagi Laos.

Pelatih timnas Nil Maizar menegaskan, ia lebih mengantisipasi permainan Laos dibandingkan individu pemain lawan. Menurut Nil, Indonesia harus meraih kemenangan di pertandingan pertama ini untuk menumbuhkan kepercayaan diri, sekaligus mempermudah langkah mereka menuju semi-final turnamen sepakbola Asia Tenggara dua tahunan ini. Nil mengatakan, ia tidak sependapat dengan anggapan Indonesia lebih unggul dibandingkan Laos di pertandingan nanti. Menurutnya, semua tim di Grup B mempunyai kekuatan sama, sehingga tidak ada yang dianggap lemah.

“Menurut saya semua tim di grup ini mempunyai kekuatan yang sama. Laos tidak bisa dianggap remeh. Mereka mendapatkan hasil cukup bagus saat kualifikasi. Mereka mengalahkan Kamboja, main imbang lawan Myanmar, dan bisa tampil di sini,” tegas mantan pelatih Semen Padang tersebut. (kie/dbs)

Indonesia vs Laos Rekor (4-0-0)
Tahun Babak Skor
1996 : penyisihan Grup A 5-1
2004 Penyisihan Grup A 6-0
2007 Penyisihan Grup B 3-1
2010 Penyisihan Grup A 6-0

Perkiraan Pemain
Indonesia (4-4-2): Endra Prasetya (K), Nopendi, Wahyu Wijiastanto, Hamdi Ramdan, Novan, Elie Aiboy, Vendry Mofu, Tony Cusell, Oktovianus, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas.
Pelatih : Nil Maizar

Laos (4-4-2): Sengphachan Bounthisanh (K), Thotnilath Sibounhuang, Kovanh Namthavixay, Thenthong Phongsettha, Khamla Pinkeo, Viengsavang Sayyaboun, Ketsada Souksavanh, Vilayout Sayyabounsou, Phatthana Syvilay, Visay Phapouvanin, Souksadakone Liepvisay
Pelatih : Kokichi Kimura

Tidak ada komentar: