Rabu, 05 Maret 2014

Sriwijaya FC Antisipasi Bola Atas Persija

Semakin dekatnya pertandingan menghadapi Persija Jakarta, Minggu (9/3),  pasukan Sriwijaya FC terus mematangkan persiapan. Salah satunya, dengan mengasah kemampuan para pemain belakang dalam menjaga areal pertahanan.

Terutama dalam mengantisipasi permainan bola-bola atas. Apalagi seperti diketahui, tim asuhan Pelatih Benny Dollo itu baru saja mendatangkan mantan penyerang Perak FA, Zelimir Terkes yang berasal dari Bosnia untuk mendampingi pemain berpaspor Kroasia, Ivan Bosnjak.  

Dengan postur tubuh tinggi yang dimiliki kedua penyerang itu, Bendol, julukan Benny Dollo, diprediksi akan memanfaatkannya dengan menerapkan pola permainan melalui sektor sayap. Karena itu, ketangguhan Abdullaye Maiga dkk. yang menjadi palang pintu terakhir Laskar Wong Kito, diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan dalam upaya meraih minimal satu poin.

Selain mewaspadai permainan bola-bola atas, pelatih Subangkit juga akan lebih merapatkan barisan pertahanannya. Strategi itu diterapkan agar tidak mudah ditembus oleh para gelandang serang yang dimiliki Persija seperti Ramdhani Lestaluhu dan Rohit Chand.  

Dari pertandingan uji coba melawan Perak FA dan sesi latihan yang dilakukan, arsitek asal Pasuruan itu mencoba memantapkan pola 5-4-1, 3-5-2 maupun 4-1-4-1 dan bermain lebih menunggu sebelum membangun serangan melalui counter attack.  

''Koordinasi di lini pertahanan memang masih menjadi masalah yang harus segera diselesaikan sebelum menghadapi Persija nanti. Apalagi dari tiga pertandingan terakhir, mereka selalu mencetak gol. Inilah yang harus kita waspadai,”ungkapnya.  

Persija saat ini bercokol di urutan empat klasemen sementara dengan poin tujuh sama dengan yang telah dikumpulkan SFC dari lima pertandingan. Namun bedanya, dari tiga laga itu tim asuhan Bendol sukses menorehkan dua kemenangan dan satu kali imbang.  

Selain itu, lini depan Macan Kemayoran sudah mencetak enam gol dan baru kebobolan tiga gol. Yakni saat berhasil meraih kemenangan 1-2 atas Barito, melumat Semen Padang 2-0, dan ditahan imbang Pelita Bandung Raya (PBR) 2-2.  

Sementara Laskar Wong Kito, baru menyarangkan tiga gol dan sudah kemasukan empat gol serta meraih dua kemenangan, dua kekalahan dan satu kali imbang. Dari catatan statistik itu, Persija lebih produktif dalam mencetak gol dan cukup baik dalam bertahan.  

''Sebagai tuan rumah, Persija pastinya akan bermain lebih menyerang. Karena itu, kita juga tengah berusaha memperkuat lini tengah tim agar tidak terus ditekan. Karena sekuat apa pun pertahanan kita, apabila terus ditekan maka dapat berakibat fatal,”lanjutnya.

Sementara itu, bek SFC, Firdaus Ramadhan mengatakan siap menunjukkan permainan terbaiknya apabila dirinya diberikan kepercayaan oleh pelatih saat menghadapi Persija. ''Kondisi fisik saya dalam kondisi siap apabila diberikan kepercayaan. Saya berjanji akan memberikan penampilan terbaik saya untuk SFC,’'janjinya.

(aww/sn)


Tidak ada komentar: